China Fasilitasi Ibu Menyusui di Angkutan Umum

Fasilitas menyusui di dalam bus
Sumber :
  • http://shanghaiist.com

VIVA.co.id - Kota Pingxiang Provinsi Jiangxi, China menjadi satu dari beberapa kota di negara itu yang menawarkan kursi khusus pada bus umum yang memungkinkan para ibu untuk menyusui bayi mereka secara pribadi di angkutan umum.

Dilansir dari situs Shanghaiist, Kamis, 7 April 2016, kursi khusus ini berdesain tirai penutup dengan warna merah muda. Penumpang lain bisa tetap secara leluasa menggunakan kursi tersebut jika sedang kosong.

Akan tetapi, saat ada seorang ibu yang membutuhkan fasilitas tersebut, maka secara otomatis pengemudi akan meminta penumpang lain untuk berpindah tempat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis sebuah survei pada 2013 yang menunjukkan persentase angka ibu menyusui di China menurun ke tingkat 28 persen.

Jumlah itu jauh berada di bawah rata-rata angka global, yakni 40 persen di masing-masing negara. Mengingat asupan ASI memiliki banyak manfaat kesehatan bagi bayi baru lahir, Dewan Negara China menyoroti permasalahan ini.

Para ahli menuding kurangnya fasilitas pendukung bagi ibu menyusui sebagai salah satu faktor angka kurangnya asupan ASI bagi sang bayi.

Pemerintah China berharap, pada 2020, akan ada kenaikan sebanyak 50 persen dan berharap ada lebih banyak lagi fasilitas publik yang memungkinkan seorang ibu bisa menyusui secara leluasa.

Kebiasaan Merawat Bayi Mampu Rusak Postur Tubuh
BJ Habibie dalam Seminar Pekan ASI Sedunia 2016

Pekan ASI Sedunia, Habibie: Menyusui adalah Peradaban

Ibu punya peran penting dalam kemampuan super intellegent manusia.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016