Pemalang Siap Tawarkan Desa Wisata Cikendung

Wisata Mangrove Pemalang
Wisata Mangrove Pemalang
Sumber :
  • dokumen pribadi Pemalang

VIVA.co.id - Kabupaten Pemalang sangat serius mengembangkan potensi pariwisatanya pada 2016. Kepala Badan Pembangunan Daerah Kabupaten Pemalang, Arifin mengatakan, pemda tengah membangun destinasi alam baru, yakni Desa Wisata Cikendung. Rencananya wisata baru itu akan selesai dibangun tahun ini.

“Kami sedang bangun Desa Wisata Cikendung. Sampai saat ini sudah gelombang kedua tahap pembangunannya. Gelombang pertama sudah selesai Maret lalu. Gelombang ketiga nanti akan bangun rumah pohon," ucap Arifin, Minggu 10 April 2016.

Sementara itu, Bupati Pemalang, Junaedi mengatakan, akan menjadikan Pemalang sebagai destinasi wisata alam. Junaedi menyadari banyak objek wisata di Pemalang yang belum ditawarkan kepada wisatawan lokal dan luar negeri.

“Untuk branding, kami arahkan ke wisata alam. Kami punya pantai, mangrove, gardu pandang, Desa Cikendung, dan berbagai air terjun di Pemalang," ucap Junaedi.

Selain Widuri, banyak destinasi wisata yang menarik lainnya di Kabupaten Pemalang, seperti Pantai Blendung, Pantai Joko Tingkir, Wisata Edukasi Hutan Mangrove, Sungai Comal, Curug Barong, Curug Sibedil, Gunung Gajah, Goa Gunung Wangi, hingga Bukit Mendelem.

“Kami sudah berusaha dari dulu, tadinya wisata Pemalang biasa-biasa saja. Kini banyak calon wisatawan penasaran dengan apa saja sih yang ada di Pemalang," ucapnya.

Sebelumnya, Junaedi bersama wakilnya Martono memenuhi undangan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Selain pariwisata, dalam pembahasan itu juga diangkat perihal percepatan pembangunan.

Dalam arahan tersebut, Presiden Jokowi membahas bagaimana melakukan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sinergi juga harus dilakukan antara para kepala daerah dan wakilnya.

"Pembahasannya mengenai sinergi kebijakan antara pusat dan daerah serta membahas perihal serapan anggaran," ujar Junaedi.

Junaedi pun siap memperbaiki dan menambah fasilitas sarana dan prasarana wisata di Pemalang.