Menkeu: 79% Data RI Sama Seperti Panama Papers

Skandal Panama Papers
Sumber :
  • www.commondreams.org

VIVA.co.id - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengaku telah mencocokan dokumen yang mengungkap skandal perpajakan yang melibatkan para miliarder Indonesia. Data Panama Papers diungkap oleh International Consoritum of Investigative Journalist (ICIJ) beberapa waktu yang lalu.

Bambang mengatakan, data pengusaha, atau perusahaan pengemplang pajak yang dimiliki pemerintah, mayoritas sama dengan data Panama Papers. Artinya, mayoritas pengusaha maupun perusahaan yang ada dalam dokumen itu memang telah menempatkan dananya di negara suaka pajak (tax haven).

“Kami meyakini kecocokannya itu 79 persen dan diyakini memiliki uang di luar negeri,” ujar Bambang dalam rapat kerja bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat di gedung parlemen, Jakarta, Senin 11 April 2016.

Bambang mengungkapkan, dokumen ini akan menjadi sebuah data pelengkap pemerintah, untuk melacak keberadaan dana warga negara Indonesia yang ditempatkan di tax haven. Apalagi, pada 2018 mendatang, era keterbukaan informasi perbankan akan mulai diberlakukan.

Pada saat itu, negara suaka pajak pun akan ikut berpartisipasi di dalamnya. Artinya, tidak ada lagi ruang bagi perusahaan maupun pengusaha yang menyimpan dananya di luar negeri.

“Kalau AEOL (automatic exchange of information) semua tax haven sudah ikut. Nanti, semua harus wajib lapor dan harus buka akses. Kalau kami minta, maka mereka harus membuka datanya,” ucap dia. (asp)

Jerman Keluarkan Perintah Penangkapan Internasional Terkait Skandal Panama Papers
Kebocoran dari hampir 12 juta lembar dokumen keuangan menjadi salah satu yang terbanyak dalam sejarah dunia. (Graphic: Nick Wiggins. Photos: Ludovic Marin/Reuters, Alesia Kozik/Pexels.)

Pandora Papers Menguak Rahasia Orang Terkaya dan Terkuat di Dunia

Para pemimpin dan politisi dunia, termasuk dari Indonesia masuk dalam daftar ini. Dokumen ini menunjukkan "banyak kemunafikan" dari mereka yang kaya dan berkuasa.

img_title
VIVA.co.id
8 Oktober 2021