Operasional Angkutan Lebaran Ditetapkan, Ini Rinciannya

Ilustrasi angkutan lebaran.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah menetapkan masa beroperasinya angkutan lebaran tahun 2016. Yaitu dimulai pada 24 Juni sampai dengan 17 Juli 2016 untuk moda darat, udara, dan perkeretaapian. 

Jadi Menhub, Budi Akan Tetap Minta Petunjuk Jonan
 
Sementara untuk moda laut akan berlangsung mulai dari 18 Juni sampai dengan 24 Juli 2016. Penetapan masa angkutan lebaran untuk moda laut lebih panjang, karena karakter moda ini memang membutuhkan waktu perjalanan yang lebih lama. 
Ini Bisik-bisik Jonan ke Menhub Baru
 
Dengan penetapan ini, diharapkan agar semua pihak yang terkait dapat mempersiapkan secara lebih baik keterlibatannya dalam mensukseskan jalannya angkutan lebaran tahun ini. 
Jonan Tersingkir, Enggan Beberkan PR untuk Budi Karya
 
"Menhub juga telah memerintahkan para Dirjennya untuk melakukan ramp check masing-masing moda angkutan sebelum berlangsungnya masa angkutan lebaran pada moda tersebut,"  kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, J. A. Barata, dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id Senin 11 April 2016. 
 
Selain itu, angkutan sepeda motor gratis masih akan diselenggarakan dengan moda kereta api dan darat. Tahun ini konsentrasi angkutan sepeda motor gratis akan bertumpu pada moda kereta api. 
 
Kapasitas angkutan sepeda motor gratis yang disediakan moda kereta api dapat mencapai 15.000 unit sepeda motor atau hampir tiga kali lipat kapasitas angkut tahun lalu. Untuk angkutan sepeda motor gratis melalui moda darat dengan truk (untuk motor) dan bus (untuk penumpangnya), masih belum dapat dijelaskan karena masih direncanakan. 
 
Sementara angkutan sepeda motor gratis melalui moda laut saat ini tengah dipertimbangkan untuk tidak diselenggarakan mengingat efektifitas dan efisiensinya. 
 
"Peran yang selama ini yang dilaksanakan oleh moda laut dalam menyelenggarakan angkutan sepeda motor gratis telah digantikan oleh moda kereta api yang menambah kapasitas angkut sepeda motor gratis sebanyak 10 ribu unit, sehingga total kapasitas angkutnya menjadi 15 ribu unit," jelas Barata.
 
Kesiapan-kesiapan yang dilakukan Kemenhub menjelang angkutan lebaran 2016 merupakan bagian dari konsentrasi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi kepada masyarakat dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan transportasi. 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya