Khusus Pekerja Sibuk, Ini Kerjaan Sampingan yang Potensial

Ilustrasi pekerjaan sampingan.
Sumber :
  • Halomoney.
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Pekerjaan sebagai karyawan kantoran sudah identik dengan rutinitas bekerja dari hari Senin hingga Jumat (terkadang Sabtu) demi mendapatkan gaji setiap bulan. Sebagian mungkin beruntung karena menyukai pekerjaannya, namun banyak juga yang tidak menikmati karena berbagai macam hal. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Apalagi kalau ditambah punya bos galak atau teman-teman kantor yang senang menyebar gosip. Dilema karyawan kantor memang tidak ada habisnya.Mungkin sudah saatnya kamu mencoba untuk mencari pekerjaan sampingan, yang siapa tahu bisa menjadi pekerjaan utama nantinya.
 
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Tapi kalau kerjaan selalu sibuk terus, bagaimana bisa mengurus pekerjaan sampingan? Nah, sesibuk-sibuknya pekerjaan utama kamu, beberapa pekerjaan sampingan ini bisa dilakukan dengan mengorbankan waktu sekitar sebentar saja setiap harinya sepulang kerja.

Jika ditekuni, pekerjaan-pekerjaan berikut berpotensi menghasilkan pemasukan hingga jutaan rupiah dan bahkan lebih, sehingga bisa saja bergeser menjadi pekerjaan utama kamu. Syaratnya, kamu perlu disiplin dan tekun menjalaninya ya.
 
Nah, apa saja pekerjaan sampingan yang cocok dilakukan oleh karyawan sibuk? Simak lima jenis pekerjaan tersebut di bawah.

1. Menjadi penulis buku

Menjadi penulis buku bukanlah pekerjaan sembarangan yang ‘tidak menghasilkan duit’. Ada banyak penulis baik di luar negeri maupun dalam negeri yang telah sukses dan bahkan menjadi terkenal. 

Sebagian karya mereka ada yang diangkat ke layar lebar atau diangkat ke format lain, namun ada juga yang memang mendapatkan fanbase yang besar sehingga buku mereka selalu laris manis.

2. Konsultan paruh waktu

Banyak sekali jenis konsultan yang bisa kamu temui, seperti konsultan keuangan, pernikahan, pengembangan diri, dan sebagainya. Pekerjaan sebagai konsultan lepasan tidak terlalu menyita waktu kamu saat bekerja kantoran. 

Kamu bisa berbincang dengan klien saat malam hari sepulang kerja atau akhir pekan, dan mengerjakan pekerjaan kamu di waktu senggang. Berikan tenggat waktu yang realistis agar kamu tidak mengecewakan klien kamu ya.


3. Menjadi fotografer acara keluarga dan pernikahan

Kalau kamu penggemar fotografi, menjadi seorang fotografer lepasan dapat menghasilkan uang juga loh. Fotografer sering disewa untuk berbagai macam acara keluarga seperti pesta ulang tahun atau pernikahan. 

Kamu bisa juga menggabungkan ilmu fotografi dan pemasaran di media sosial untuk membangun reputasi kamu sebagai fotografer handal. Bayarannya tentu lumayan, apalagi kalau kamu sudah memiliki banyak portofolio.


4. Menjadi desainer web atau desainer grafis

Ahli desain merupakan orang-orang yang semakin banyak dicari sekarang ini, apalagi kita sudah memasuki era di mananya segalanya serba digital dan startup juga cukup menjamur di mana-mana. 

Jika kamu memiliki kemampuan tersebut, kamu bisa menjual kemampuan kamu di situs-situs freelance atau gunakan pemasaran lewat mulut ke mulut.

5. Blogger

Kalau tidak suka menulis panjang seperti buku, kamu tetap bisa mencoba untuk menjadi blogger. Contohnya, kamu bisa menjadi fashion blogger kalau kamu sangat update dengan mode dan fashion atau food blogger bagi yang suka keliling restoran mencicipi berbagai makanannya.

Blogger sendiri sebenarnya sudah banyak macamnya, tidak melulu dengan tulisan saja. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk menjamah banyak calon follower kamu. Kamu bisa mendapatkan penghasilan duit dari endorsement, iklan, sponsor konten, dan banyak cara lainnya.


Sebagian besar pekerjaan sampingan di atas tidak butuh modal besar untuk memulainya. Kamu bisa mulai berhemat dan menabung untuk mengumpulkan modal. Namun, jika memang kamu membutuhkan modal tambahan untuk memulai pekerjaan atau bisnis sampingan, maka kamu bisa manfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) untuk memulainya.

Gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu mencari produk KTA yang tepat sesuai kebutuhan kamu.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya