Ini Kesalahan Generasi Millennial Mengenai Uang

Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Pengusaha

VIVA.co.id – Millennial, atau yang juga dikenal sebagai generasi Y, adalah generasi masa depan di Indonesia. Pada tahun 2020, generasi ini diprediksi menjadi yang terbesar di Indonesia. Meski lebih terdidik, menguasai teknologi dan informasi, generasi Y rupanya memiliki masalah di bidang keuangan. 

Lima Masalah Keuangan yang Menghantui Kehidupan

Pengetahuan finansial mereka disebut kurang, utamanya bila berkaitan dengan utang. Padahal, generasi inilah yang akan menentukan ke mana arah perekonomian nantinya. Untuk mendidik generasi millennial dan mereka yang kurang melek finansial, lima hal terkait utang berikut ini harus Anda ketahui:

1. Jangan takut meminjam uang

Katanya Begini Rahasia Orang Kaya Kelola Uang

Banyak generasi millennial yang melihat jatuh bangun perekonomian orangtuanya akibat dua krisis di tahun 1998 dan 2008. Hal ini, rupanya membentuk generasi ini menjadi generasi yang takut akan pinjaman. 

Karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui bedanya pinjaman/ kredit dan utang. Jika utang adalah sebuah permasalahan finansial, pinjaman atau kredit adalah produk finansial yang sangat bermanfaat apabila digunakan dengan bijak. Contohnya, kredit usaha yang sangat berguna untuk persoalan permodalan usaha.

Instrumen Investasi Syariah yang Aman Bagi Muslim

2. Jangan kredit mobil terlalu cepat

Millennial disebut terlalu cepat memiliki kredit mobil. Hal ini jauh berbeda, jika dibandingkan dengan generasi orangtua mereka. Di Amerika Serikat, 14 persen dari total generasi ini memiliki kredit mobil. 

Jumlahnya jauh berbeda bila dibandingkan dengan generasi orangtua mereka yang hanya sebesar satu persen. Punya mobil memang sangat membantu, namun kendaraan ini cukup mahal. Sebaiknya, tunda pembelian mobil hingga fondasi keuangan benar-benar kokoh.

Baca juga: Miliki Kekayaan Hingga Rp 3 Triliun, Ini Pelajaran Finansial dari Beyoncé Knowles

3. Jangan biarkan pergaulan memengaruhi keuangan

Generasi millennial juga dikenal sebagai generasi konsumtif. Tingkat konsumsi yang tinggi sangat dipengaruhi oleh pergaulan. Nonton konser musik di akhir pekan, hobi hangout di cafe hingga gadget terupdate adalah tiga dari banyak contoh. 

Buatlah bujet dan patuhi. Lakukan hal ini hingga menjadi kebiasaan. Niscaya, kebebasan finansial akan menjadi masa depan generasi millennial.

Baca juga: Kalimat yang Tidak Akan Pernah Diucapkan Seseorang yang Paham Soal Uang

4. Tidak bijak menggunakan kartu kredit

Pinjaman bisa menjadi bermanfaat, namun bisa menjadi masalah jika tidak dikelola dengan baik. Hal ini berlaku buat Anda yang hobi menggunakan kartu kredit untuk berbelanja. Karena, kartu kredit memudahkan aktivitas transaksi, Anda justru kesulitan menahan nafsu saat saat jalan-jalan di pusat perbelanjaan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya