Kala Penghasilan Wanita Lebih Besar dari Pasangannya

Ilustrasi Wanita Karier
Sumber :
VIVA.co.id
Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik
- Sebagai perempuan, Anda telah bekerja keras sepanjang hidup untuk membangun karier dan mencari penghasilan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Namun, kesuksesan karier Anda ternyata menimbulkan masalah dalam rumah tangga.

Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik
Hal tersebut biasanya terjadi ketika penghasilan Anda lebih besar dibandingkan pasangan. Tentu saja, kebanyakan pria yang berada di posisi ini akan merasa kecil hati dan kesal. Tak jarang masalah uang lantas menghancurkan rumah tangga yang telah Anda bangun susah payah.

Tips Bangun Citra Diri Positif di Media Sosial
Jika Anda sedang mengalami masalah yang sama, simak beberapa tipsnya yang mungkin akan membantu, seperti dilansir dari Times of India.

Ingat apa yang menyatukan Anda berdua

Anda tidak menikahi pekerjaan atau gaji satu sama lain. Sosok pasanganlah yang terpenting. "Lihat ke belakang dan ingat alasan yang menyatukan Anda berdua. Pikirkan tentang tujuan hidup Anda bersama di masa depan dan Anda akan sadar bahwa ini adalah masalah kecil yang tak perlu diributkan," ujar Shivani Khetan, seorang life coach.

Uang bukanlah segalanya

Ketika marah, orang biasanya mengatakan hal-hal yang sebenarnya tidak ia maksud. Anda salah jika Anda menggunakan uang sebagai alat untuk membuatnya menutup mulutnya. Tak masalah jika salah satu dari Anda berpenghasilan rendah atau tinggi. Yang perlu diingat adalah, Anda berdua sama-sama bekerja keras untuk membayar tagihan dan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

"Penting untuk menjadi sensitif dalam situasi semacam ini, terutama jika salah satu diantara Anda menghasilkan uang lebih baik dibanding yang lainnya. Anda mungkin hanya mendiskusikan pekerjaan, namun itu bisa terlihat seperti menyombongkan diri sendiri," ujar Dr Rajan Bhonsle, konselor pernikahan.

Ia menyarankan agar Anda memikirkan terlebih dahulu sebelum membicarakan pekerjaan dengan pasangan. Anda bisa mendiskusikan hal itu jika pasangan menunjukkan tanda-tanda ketertarikan dan keingintahuan.

Komunikasi adalah kunci

Jangan memendam perasaan dan selalu bicarakan apa yang Anda rasakan kepada pasangan. Anda juga harus terbuka mengenai keuangan rumah tangga, baik itu dalam hal pemasukan maupun pengeluaran. Komunikasi yang lancar adalah kunci rumah tangga yang rukun dan harmonis.

Cari bantuan

Jika Anda dan pasangan berulang kali bertengkar karena masalah uang, pengambilan keputusan dan hal-hal seputar rumah tangga, jangan langsung menyimpulkan bahwa pasangan Anda adalah masalahnya. Jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk mencari bantuan kepada para ahli.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya