Harga Minyak Melonjak Jelang Pertemuan Doha

Ladang minyak di California.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Harga minyak AS ditutup dilevel tertinggi, dipicu adanya laporan jika Rusia dan Arab Saudi  sepakat untuk membekukan produksi menjelang pertemuan negara-negara produsen minyak pada Minggu nanti. 

Harga Minyak Sentuh Level Tertinggi dalam Tujuh Tahun

Dilansir dari CNBC, Rabu, 13 April 2016, mengutip Kantor berita Rusia Interfex seorang sumber diplomatik di Doha mengatakan, Rusia dan Arab Saudi mencapai konsensus pada hari Selasa tentang rencana pembekuan produksi minyak dan tidak akan tergantung pada Iran. 

Harga minyak patokan dunia, Brent dan West Texas Intermediate (WTI) menembus resistance masing-masing di US$43,53 dan US$41,04. Minyak mentah  Brent naik US$1,86, atau 4,3 persen, menjadi US$44,69 per barel. Minyak WTI ditutup US$42,17, naik 4,48 persen.

Harga Minyak Dunia Meroket, WTI dan Brent Tembus US$90 Per Barel 

"Orang-orang sekarang menyadari bahwa pertemuan OPEC ini bisa menjadi titik balik bersejarah bagi pasar," kata Analis Harga dari Futures Group, Phil Flynn. 

Pasar minyak sudah didorong menjelang pertemuan anggota OPEC dengan produsen luar di Doha, Qatar, pada hari Minggu. Hal ini memicu harapan bahwa produsen minyak akan menyepakati langkah-langkah untuk mengatasi pasokan.

Dipicu Ketegangan Rusia-Ukraina, Harga Minyak Tembus US$90 per Barel

Namun, beberapa analis tetap skeptis. Pembekuan yang dilakukan saat ini tidak banyak membantu kenaikan harga minyak. Kelebihan pasokan yang ada sudah terlalu tinggi sehingga pengendalian produksi seberapa besarnya tidak berdampak besar. Kelompok industri American Petroleum Institute dijadwalkan akan merilis laporannya pada hari Selasa atau Rabu WIB.

(mus)
 

Labirin dan katup minyak mentah Departemen Energi AS

Hari Terburuk Harga Minyak Sejak Pandemi, Dunia Resah

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Mei anjlok lebih dari 17 persen selama sesi sebelum menetap dengan merosot 16,84 dolar AS. Dampak sanksi ke Rusia.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022