Dirut Pertamina Pede Dexlite Bisa Tekan Subsidi Solar

Pertamina bagi SPBU dalam empat jenis.
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA.co.id - PT Pertamina (Persero) akan melakukan penjualan perdana varian solar baru, dexlite pada Jumat 15 April 2016 dengan harga yang dibanderol Rp6.750 per liter. Dengan adanya varian baru ini diharapkan akan mengurangi penjualan solar bersubsidi, yang tentunya akan mengurangi beban subsidi pemerintah.

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
 
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, mengatakan, subsidi solar yang dianggarkan mencapai Rp17 triliun bisa dikurangi dengan upaya ini. Sehingga nantinya, dapat digunakan untuk subsidi lainnya seperti untuk pembangunan infrastruktur dan untuk masyarakat.
Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
 
Baca juga:
Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan
 
"Tujuannya untuk orang-orang yang selama ini menggunakan solar yang disubsidi pemerintah agar beralih ke dexlite," kata Dwi saat ditemui di Gedung Pertamina Pusat, Jakarta, Rabu 13 April 2016. 
 
Dia mengaku optimistis tujuan tersebut akan terwujud. Mengingat konsumen di indonesia saat ini sudah lebih cerdas untuk memilih produk mana yang tepat untuk kendaraannya. 
 
"Dexalite ini kualitasnya tentu lebih baik (dari solar bersubsidi), seperti pertalitenya di premium," tegasnya. 
 
Baca juga:  
 
Untuk diketahui, pada tahap awal, Pertamina akan menyediakan 1.500 kilo liter dexlite yang akan diuji coba pada 33 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah Jabodetabek.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya