Holding BUMN Energi, PGN di Bawah Pertamina

Menteri ESDM Sudirman Said, bersama Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno menargetkan pembentukan induk usaha (holding) BUMN energi akan terealisasi sebelum perayaan Lebaran tahun ini atau akhir semester I-2016. PT Pertamina akan menjadi induk usaha BUMN itu dan membawahi salah satunya PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

Holding BUMN Energi Diupayakan Terealisasi Tahun Ini
 
"Jadi, akan pakai Pertamina. Pada dasarnya kita masih pakai nama Pertamina. Yang akan masuk di situ adalah Pertamina memiliki PGN," kata Rini di Jakarta, Rabu 13 April 2016. 
Bentuk Holding BUMN, Menteri Rini Sowan ke Menko Darmin
 
Rini mengatakan, alasan Pertamina yang ditunjuk sebagai induk usaha lantaran BUMN itu sahamnya 100 persen dimiliki oleh pemerintah. Untuk selanjutnya, kata Rini, pembahasan ini akan dilakukan lebih lanjut dengan DPR.
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
 
"Iya lah (PGN di bawah Pertamina). Pertamina holding. Nanti, kami juga harus melaporkan ini ke DPR. Tapi, prosesnya sedang berjalan semua,” kata Rini.
 
Rini menjelaskan, kajiannya sudah selesai di Kementerian Keuangan. “Kemarin bicara ke Kemenkeu, yang akan selesai Pertamina dan ada beberapa (holding) yang selesai lagi," kata Rini. 
 
Rini mengatakan, kementerian masih mengkaji nama yang tepat. Apakah akan disebut sebagai Holding Energi atau Holding Pertamina.
 
"Ini kami belum bicara, nama Pertaminanya apakah diganti atau enggak. Karena yang holding-nya kan Pertamina. Apa nama Pertaminanya diganti atau jadi Pertamina Holding. Kami belum tahu. Tapi, Insya Allah kalau bisa sebelum hari raya. Tahun ini rencananya," kata dia. 
 
Sementara itu, ditemui di tempat yang sama, Direktur Utama PGN, Hendi Priyo Santoso enggan berkomentar lebih jauh. Saat ini, Hendi masih menunggu arahan dari Menteri BUMN, Rini Soemarno.
 
"No comment, saya belum dapat arahan dari Ibu Menteri," tuturnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya