Manfaat 'Hyaluronic Acid' untuk Kulit

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Menjaga dan merawat keindahan kulit adalah sebuah keharusan. Banyaknya produk kosmetik yang dijual di pasaran membuat mereka tidak mengetahui apa saja kandungan di dalamnya.

Salah satu zat yang dibutuhkan untuk keindahan kulit adalah hyaluronic acid atau asam hialuronat (HA). Zat ini sebenarnya bagian alami yang sudah ada di tubuh kita, terutama di jaringan kulit.  Manfaat zat ini untuk menjaga elastisitas kulit dan meningkatkan kolagen. Kendati demikian, zat ini jumlahnya akan habis seiring pertambahan usia.

Untuk itu, para wanita di atas usia 30 tahun disarankan menggunakan produk kosmetik yang memiliki kandungan konsenstrat hyaluronic acid. Sebab, produk tersebut membantu membuat kulit semakin kenyal dan terlihat bernyawa.

"Perlu diketahui kulit akan mengalami penurunan saat usia 30 tahun. Namun masih banyak yang belum menyadari bahwa penuaan kulit bukan hanya ditandai oleh munculnya kerutan saja, melainkan kekekenyalan pun juga berkurang. Untuk itu, disarankan untuk menerapkan perawatan kulit berbasis hyaluronic acid," ujar dr. Kevin Alexander Maharis, selaku Cosmetic Dermatology dan Aesthetic Laser saat ditemui pada acara Peluncuran L'oreal Paris Revitalift Filler (HA) di kawasan Jakarta Selatan, Rabu, 13 April 2016.

Dia menambahkan, formula dari kandungan jauh lebih unggul dibandingkan bahan pelembap lain seperti gliserol dan urea. Sebab hyaluronic acid mampu menahan air 1.000 kali lebih banyak dan cara kerjanya tetap maksimal baik pada kelembapan yang rendah maupun tinggi.

Kemampuan hyaluronic acid juga membantu membuat kulit lebih cerah, menyembunyikan keriput dan kendur di area wajah.

Tips Merawat Kulit saat Musim Hujan

(mus)

Ilustrasi luka

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

Keadaan luka harus lembab atau moist, bukan basah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016