Layanan VoLTE Bisa Digunakan Lintas Smartphone

Vice President of Network Smartfren, Munir Syahda Prabowo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Guna mengakomodir pengguna smartphone lain yang belum merasakan layanan Voice over LTE (VoLTE), Smartfren menghadirkan solusinya berupa aplikasi yang dinamakan Smart VoLTE.

Smartfren dan XL Axiata Sedang Proses 'Bibit, Bebet, Bobot'

Seperti yang dikatakan oleh Chief of Brand Smartfren, Roberto Saputra, dalam workshop VoLTE di Jakarta, mengatakan kalau aplikasi rancangan Smartfren tersebut ditunjukkan untuk selain pengguna Andromax E2 dan R2.

"Smart VoLTE merupakan aplikasi komunikasi dengan basis teknologi VoLTE yang telah kami luncurkan pertama kali secara komersil beberapa waktu lalu. Aplikasi ini untuk memberikan pengalaman kepada smartphone Andromax 4G (di luar E2 dan R2) dan merek lainnya yang ada di pasaran, untuk menikmati layanan VoLTE yang kami sediakan," ujar Roberto.

Merger XL Axiata dan Smartfren Selangkah Lagi, Nama Baru Sudah Ada

Roberto menjelaskan, dengan menggunakan Smart VoLTE maka pelanggan Smartfren non-Andromax E2 dan R2, yang sudah mendukung 4G LTE, dapat merasakan pengalaman yang sama, yaitu panggilan voice dan video yang kualitasnya setara dengan perangkat yang sudah disematkan VoLTE.

"Untuk dapat menikmati layanan VoLTE, perangkat yang digunakan harus mendukung Band 5 (850 MHz) dan Band 40 (2300 MHz), serta pengaturan mode LTE-only dan menggunakan kartu 4G dengan parameter VoLTE," jelasnya.

Wejangan Menkominfo soal Merger XL Axiata dan Smartfren

Perangkat yang menunjang layanan VoLTE bisa dihitung masih terbatas di pasaran. Selain Andromax E2 dan R2, dengan Smart VoLTE bisa digunakan di Andromax EC, ES, R, Q, Qi dari Smartfren.

Kemudian, ponsel yang bisa merasakan layanan tersebut juga, misalnya LG G4, Wiko Ridge 4G Fever, Samsung: J2, J5, Tab S2 T715Y, Tab S2 T815Y, J1Ace, J7. Lalu, Sony Experia Z3 Compact D5833, Lenovo A6010, One Plus One A1001, Hisense Pureshot, Motorola Nexus 6, dan Asus Zenfone 2.

Diketahui, teknologi VoLTE merupakan layanan komunikasi yang menggunakan jalur data dengan memanfaatkan teknologi LTE dari jaringan 4G LTE melalui IMS (IP Multimedia Subsytem) yang memiliki jalur khusus (dedicated bearer), menjadikan kualitas video call stabil dan suara telepon secara High Definition (HD), dengan background noise yang sangat kecil.

Untuk saat ini, aplikasi layanan VoLTE tersebut hanya tersedia untuk ponsel pintar berbasis Android. Aplikasinya sudah tersedia di Play Store. Smartfren mengaku kalau Smart VoLTE ini telah diunduh sekitar 5.000 kali.

"Sejak dikomersilkan beberapa waktu lalu, pengguna VoLTE dari Smartfren ada 15 ribu dari total satu juta pengguna 4G di jaringan kami," ucapnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya