Telkomsel-BTPN Sasar 60 Persen Warga Tanpa Rekening Bank

Telkomsel kolaborasi dengan BTPN
Sumber :
  • Agus Tri Haryanto/Viva.co.id

VIVA.co.id – Dalam rangka menyasar kalangan unbankable atau masyarakat yang belum tersentuh perbankan, Telkomsel menjalin kerjasama dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN). Kolaborasi ini merupakan yang pertama industri telekomunikasi dengan dunia perbankan.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Kedua pihak menyatakan satu suara untuk mengembangkan layanan keuangan terhubung, yakni antara uang elektronik milik Telkomsel (Tcash) dengan rekening tabungan BTPN Wow. Ini merupakan layanan perbankan miliki BTPN dengan memanfaatkan ponsel.
 
Dengan mengkombinasikan dua produk dari masing-masing sektor, diharapkan dapat memperluas layanan keuangan terhubung dan mempermudah transaksi. Yang utama adalah membidik masyarakat yang belum tersentuh layanan keuangan formal.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, mengatakan ada dua fakta besar mengenai perbankan dan telekomunikasi. Pertama, layanan perbankan belum menjangkau 60 persen lapisan total penduduk Indonesia. Kedua, di industri telekomunikasi, jumlah kartu SIM yang beredar mencapai 300 juta kartu dengan penetrasi seluler 130 persen. Ini artinya, jumlah kartu SIM jauh lebih banyak daripada penduduk.

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

"Kita pilih di Desa Ciampea, Bogor, untuk menyasar unbankable. Kerjasama ini akan memudahkan transaksi non tunai dengan biaya rendah, malah ada yang free, dan mereka tidak perlu ke mana-mana. Telkomsel memiliki 400 ribu agen untuk layanan ini," ucap Ririek, Senin, 18 April 2016.

Lebih lanjut, Ririek menjelaskan, kolaborasi lintas sektor ini bukan akhir, melainkan ujung awal dari proses yang panjang. Terlebih, kata dia, kerjasama ini juga untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang digalakkan pemerintah.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

"Kita tidak akan sosialisasi (layanan non tunai) di banyak tempat, tidak hanya satu tempat. Nanti akan ada beberapa titik yang akan digarap ke depan. Bagi Telkomsel, ini sangat penting sebagai milestone yang tak hanya memperkuat jaringan tapi juga layanan lainnya," ucapnya.

Disebutkan, tak hanya mendorong layanan non tunai tapi juga mengenai percepatan keuangan inklusif di Indonesia. Selain itu, kemitraan yang lebih luas dari Telkomsel dan BTPN akan membuka akses masyarakat pada layanan keuangan lainnya, seperti pinjaman untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta produk asuransi.
 
Melalui layanan keuangan terhubung Tcash-BTPN Wow pelanggan dapat menikmati produk keuangan terhubung dengan berbagai fitur. Fitur tersebut antara lain uang elektronik, pembayaran mobile, serta rekening tabungan yang aman dengan bunga bulanan, tanpa dikenakan biaya administrasi dan saldo minimum.

Tidak hanya itu, fitur seamless registration yang tersedia di layanan ini akan memungkinkan pelanggan mendapatkan layanan finansial dengan biaya rendah. Fitur seamless transfer juga akan memudahkan pengaturan dana milik pelanggan yang disimpan dalam bentuk Tcash ataupun disimpan di rekening BTPN Wow.

"Kami meyakini kerja sama ini akan meningkatkan jumlah masyarakat yang belum tersentuh jasa layanan keuangan formal untuk masuk ke dalam sistem perbankan. Ke depan BTPN akan terus membuka peluang kerja sama strategis, karena kami meyakini kolaborasi akan mempercepat pencapaian visi tercapainya keuangan inklusif di Indonesia," tutur Direktur Utama BTPN, Jerry Ng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya