10 Kartini Masa Kini Pamerkan Koleksi Batik

The Iconic Women, 10 Kartini masa kini
Sumber :
  • Viva.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Gelaran fesyen Nation bertajuk Fashion Nation Tenth Edition A Decade of Pure Decadence (FNX) di Senayan City, 14-23 April 2016 mempersembahkan The Iconic Women untuk 10 Kartini masa kini. Untuk menyelaraskan bentuk cinta kebudayaan, The Iconic Women juga memamerkan koleksi batik dari Iwan Tirta Private Collection bertema Ardanareswari.

PDIP: Megawati dan Kartini Sama-sama Tahan Mental

Sebanyak 10 kartini masa kini tersebut memberikan inspirasi bagi wanita Indonesia yang secara konsisten berprofesi dengan sepenuh hati dan memberikan sumbangsih untuk negara. Lalu siapa 10 Kartini masa kini tersebut?

Dari berbagai profesi, mulai dari Amalia Wirjono selaku pendiri Art Dept; Andini Effendi, seorang jurnalis dan pembaca berita; Dewi Lestari, penulis, penyanyi dan pencipta lagu; Maudy Koesnaedi, aktris dan mentor Abang None Jakarta; Nia Dinata, sutradara film; Nila Tanzil, pendiri Taman Bacaan Pelangi; Okke Hatta Rajasa, pendiri Cita Tenun Indonesia; Okky Asokawati, model, artis dan politisi; Susan Bachtiar, presenter, model dan feature film; dan Veronica Colondam, pendiri YCAB Foundation.

Ketua DPR Dorong Partisipasi Perempuan di Parlemen

"Ini sangat berarti sekali buat saya, apalagi banyak yang belum mengetahui apa yang kita lakukan. Ini juga didedikasikan untuk seluruh Abang None yang sudah kerja bersama dan melestarikan budaya Betawi," kata Maudy Koesnaedi di Senayan City, Jakarta, Rabu, 20 April 2016.

Itulah mengapa Iwan Tirta menyuguhkan batik untuk 10 wanita ikonik yang memamerkan figur ratu yang disegani, bijaksana dan mulia. Terlihat motif Kumodowati menjadi highlight dalam koleksi Iwan kali ini dengan potongan klasik dan nuansa warna merah, biru, hijau, cokelat dan hitam.

Polwan Bergaya Kartini, Pemohon SIM Grogi

Sebanyak 10 The Iconic Women tampak anggun dengan balutan busana berbahan katun, alat tenun bukan mesin(ATBM), dan silk twill.

"Baju yang saya kenakan sekarang ini lebih berbentuk Kendedes, perempuan yang bisa menyeimbang kehidupan publik dan ranah domestik. Warna dan motif baju ini sesuai dengan karakter Kendedes saat itu," ungkap Okky Asokawati.

Ibu Septi dan Suami.

Septi Peni, Ibu Rumah Tangga yang Dijuluki Kartini Masa Kini

Ia adalah sosok wanita yang peduli pada nasib ibu-ibu di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2016