Diciptakan Robot Biksu yang Bantu Sebarkan Ajaran Buddha

Xian'er, Robot Budha di China
Sumber :
  • Amusing Planet

VIVA.co.id –  Sebuah kuil Buddha di pinggiran kota Beijing, China kini memiliki biksu baru yang akan melantunkan mantra Buddhis dan bercakap-cakap dengan pengunjung yang datang. Namun, untuk berkomunikasi dengan biksu ini pengunjung harus sedikit membungkuk karena tubuhnya yang hanya berukuran 61 cm.

Eropa Sepakat Atur 'Hak Asasi' Robot

Biksu ini berbeda dengan biksu-biksu lainnya, karena ia merupakan robot ciptaan Master Xianfan yang diberi nama Xian'er.

Dilansir laman Amusing Planet, robot biksu Xian'er dibuat menyerupai tokoh animasi dengan jubah khas biksu Buddha berwarna oranye.  Xian'er dapat berinteraksi dengan manusia dengan menjawab sekitar 20 pertanyaan mengenai ajaran Buddha dan kehidupan sehari-hari yang terdapat di dalam layar sentuh yang ada pada robot tersebut.

Lengan Robot Bikin Pemuda Ini Bisa Rasakan Sentuhan Lagi

Xianfan menganggap robot ini merupakan sarana yang tepat untuk menyebarkan ajaran-ajaran Buddha di China melalui teknologi dan Budhisme.

"Sains dan ajaran Buddha tidak berlawanan atau berkontrakdiksi. Keduanya bisa dikombinasikan dan saling melengkapi satu sama lain," kata Xianfan.

Jejak Humanoid Anak Bangsa

Robot biksu ini adalah hasil pengembangan proyek robotik antara sebuah perusahaan teknologi dan beberapa ahli dari universitas ternama di China. Xian'er pertama kali dikenalkan ke publik pada Oktober lalu dan telah mengikuti beberapa pameran robot di China, namun ia jarang terlihat di kuil Longquan.

Pembuatan Xian'er terinspirasi dari tokoh kartun yang dibuat Xianfan pada 2013. Kuil Longquan juga memproduksi kartun antologi dan kini sedang mengembangkan model baru dari Xian'er untuk berbagai penggunaan.

Robot humanoid Jiajia produksi Universitas Sains dan Teknologi China.

Robot Cantik Ini Bisa Ngobrol dan Bercanda

Jiajia diwawancara beberapa jurnalis dunia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2017