Ini Kata Bos BCA Soal 'Tax Amnesty'

Presiden Director & CEO PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), Jahja Setiaatmadja menilai, pengampunan pajak atau tax amnesty tidak sepenuhnya dapat membawa angin segar ke industri perbankan Tanah Air.

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

"Tax amnesty itu sebenarnya macam-macam. Tax amnesty yang betul-betul mendatangkan dana ke Indonesia atau hanya pemutihan aset mereka di luar," kata dia di Jakarta, Rabu, 27 April 2016.

Jahja mengatakan, jika tax amnesty hanya memberlakukan pemutihan aset bagi orang-orang yang menyimpan uangnya di luar negeri, maka hal ini tidak berdampak ke perbankan nasional.

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

Namun, jika pengampunan pajak mampu membawa pulang dana-dana yang sebelumnya disimpan di bank-bank luar negeri, maka dapat membantu bank di dalam negeri memperkuat modalnya untuk ekspansi bisnis.

"Kalau betul-betul membawa masuk dananya, paling tidak itu bisa menambah likuiditas di dalam negeri, tentu ini akan lebih terasa manfaatnya buat kami (bank).”

Program PPS Pajak Berakhir, Pengusaha Harapkan Ini ke Ditjen Pajak

(mus)

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mempertanyakan soal kejelasan program Tax Amnesty yang sempat diusung pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023