Lima 'Soft Skill' yang Dibutuhkan Pimpinan Sukses

Ilustrasi seorang bos
Ilustrasi seorang bos
Sumber :
  • http://spidolbekas.wordpress.com

VIVA.co.id – Para pemimpin yang sukses di belahan dunia manapun tidak hanya menguasai keterampilan teknis (Technical skil) di bidangnya. Tapi juga mereka secara persuasif ahli mengendalikan situasi dan kondisi dan menempatkan dirinya dengan tepat di lingkungan pekerjaannya (soft skil). 

Pada umumnya, soft skil dikenal sebagai keterampilan interpersonal. Seperti negosiasi, diplomasi, adaptasi , membangun semangat dan memjaga hubungan baik dengan berbagai pihan. Hal itulah yang tidak sedikit menjadi kunci sukses keberhasilan seorang pemimpin. 

Menurut Resourceful Manager, situs yang mendedikasikan dirinya untuk membuat para manajer atau pemimpin untuk lebih efektif menjalankan pekerjaannya, banyak pemimpin yang cerdas dan memiliki kemampuan teknis yang sangat baik. Namun, mereka tidak tidak akli dalam mengeksekusi, karena minimnya soft skil yang dimiliki. 

Dilansir dari Business Insider, Kamis 28 April 2016, berikut adalah lima soft skil yang diperlukan para pemimpin untuk menjadi sukses versi Resourceful

1. Jadi pendengar yang baik

Komunikator yang handal tidak hanya terampil dalam mengartikulasikan pikiran mereka sendiri, tapi mereka juga pendengar yang baik. Pemimpin yang sukses memahami pentingnya mendengarkan pikirandan ide orang lain. 

2. Mampu menyampaikan berita buruk