Sony Patenkan Lensa Kontak yang Bisa Rekam Video

Memakai lensa kontak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Lensa kontak pun kini tak hanya sekedar asesoris. Vendor gadget asal Jepang, Sony, dikabarkan telah membuat paten atas teknologi lensa kontak yang bisa merekam gambar dan video.

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Gunakan Lensa Kontak

Dilansir melalui Cnet, Rabu, 4 Mei 2016, Sony telah mendapatkan paten atas teknologi lensa kontak baru itu pada April lalu. Dikatakan dalam paten tersebut bahwa lensa kontak itu bisa dikendalikan dengan kedipan mata.

Fungsinya tidak hanya untuk mempertajam penglihatan tapi juga bisa merekam gambar dan video. Sensor yang tersemat di dalam lensa itu dipercaya bisa mendeteksi perbedaan antara kedipan yang disengaja atau tidak.

Akibat Gempa Jepang, Saham Sony Runtuh 6,8 Persen

Dalam paten itu juga disebutkan jika semua teknologi yang dibutuhkan disematkan dalam lensa yang tipis tersebut. Teknologi yang dimaksud tidak hanya soal sensor kedip tapi juga ruang memori dan penangkap gambar.

Teknologi itu disematkan di dalam selaput lensa, termasuk sensor piezoelectric. Sensor tersebut akan mengkonversi gerakan mata untuk dijadikan energi yang bisa membuat lensa itu terus bekerja.

2050, Pengguna Lensa Kontak Hadapi Risiko Ini

Namun begitu, banyak yang tidak yakin jika teknologi ini akan terwujud. Pasalnya semua komponen yang dibutuhkan bukanlah sesuatu yang fleksibel untuk bisa disematkan ke bahan mirip selaput mata.

Meskipun tidak mungkin, bukan berarti tidak bisa terwujud. Buktinya perusahaan digital raksasa di dunia, Google, juga dikabarkan sedang mengembangkan lensa kontak ini. Lensa kontak tersebut dikatakan bisa berfungsi sebagai kamera, bahkan membuat orang buta bisa melihat kembali.

Tiga Sony Xperia terbaru

Terjun ke Internet of Things, Sony Fokus di Xperia X?

Seri C, M, dan E akan dimasukkan di satu lini Xperia.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2016