RESEP: Menikmati Gurih dan Renyah Tempura Buatan Rumah

Ilustrasi Tempura
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Makanan yang dimasak dengan cara digoreng memang tak diragukan lagi kelezatannya. Bisa dibilang, hampir setiap negara memiliki versi gorengan mereka masing-masing. Nah, gorengan Jepang sudah sangat populer di seluruh dunia.

RESEP: Tai-Meshi, Nasi Ikan Hidangan Favorit Orang Jepang

Dinamakan tempura, hidangan satu ini terdiri dari berbagai macam bahan makanan yang digoreng dengan adonan tepung dan disantap bersama saus khusus. Bahan-bahan yang bisa dijadikan tempura beragam, mulai dari udang, cumi, terung, ubi, wortel, akar teratai, brokoli, buncis dan masih banyak lagi.

Nah, tak perlu repot-repot pergi ke restoran Jepang, Anda bisa mencoba memasaknya sendiri di rumah. Berikut ini adalah resep lengkapnya seperti dilansir dari Just One Cook Book.

RESEP: Kari Jepang untuk Penghangat Tubuh di Musim Hujan

Tempura udang

Bahan-bahan

Resep Udang Tempura yang Renyah, Lurus, dan Keriting

-10 ekor udang besar
-Tepung maizena secukupnya
-Minyak sayur dan minyak wijen untuk menggoreng (perbandingan minyak sayur dan minyak wijen 1:1)

Bahan adonan tempura

-1 butir telur berukuran besar yang baru dikeluarkan dari kulkas
-200 mililiter air dingin
-1 cangkir tepung terigu

Bahan saus tempura

-3/4 cangkir dashi atau 3/4 cangkir air dicampur dengan 1 sdt Hondashi (bubuk kaldu Jepang)
-3 sdm kecap asin
-2 sdm cuka
-2 sdt gula pasir
-5 sentimeter lobak, parut dan buang airnya

Cara membuat

1. Untuk membuat saus tempura, masukkan dashi, kecap asin, cuka dan gula di dalam panci berukuran kecil dan rebus hingga mendidih. Kecilkan api dan masak kembali hingga gula telah larut seluruhnya. Matikan api dan sisihkan.

2. Cuci dan kuliti udang hingga bersih dan buang bagian kepala, kemudian bentuk udang hingga berbentuk lurus memanjang. Jangan buang bagian kulit ekornya.

3. Untuk membuat adonan, ayak tepung terigu ke dalam mangkuk berukuran besar. Masukkan telur ke dalam air dingin dan kocok hingga rata. Tuangkan ke dalam mangkuk berisi tepung terigu. Aduk kembali hingga rata.

4. Panaskan minyak hingga 170-180 derajat celsius. Taburi udang dengan tepung maizena dan celupkan ke dalam adonan, lalu goreng hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan.

5. Sajikan dengan parutan lobak dan saus tempura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya