Ketahui Manfaat Beragam Vitamin untuk Kulit

Buah kaya vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Para ahli mengatakan bahwa memberi nutrisi pada kukit adalah hal yang penting agar bisa mendapatkan kulit cerah dan sehat. Dokter kulit dan kosmetik, Dr Anita Sturnham mengatakan bahwa untuk mendapatkan kulit sehat, Anda harus memberinya nutrisi dari dalam dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin, mineral dan antioksidan.

Kurang Vitamin? Ini Cara Deteksinya Melalui Wajah

Untuk nutrisi dari luar, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang kaya akan tiga hal tersebut. Mengapa vitamin sangat penting? Berikut ini ulasannya seperti dilansir dari Daily Mail.

Vitamin C

Manfaat dan Makanan Sehat Sumber Vitamin C

Vitamin C sangat bermanfaat untuk kulit karena memiliki antioksidan, dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV), menjaga dan memperbaiki kondisi kulit, menstimulasi produksi kolagen dan mengurangi pigmentasi.

Untuk melakukan perawatan dengan vitamin C, pilihlah serum dengan 20 persen kadar vitamin C. Idealnya, serum ini dikombinasikan dengan ferulic acid yang berguna untuk meningkatkan stabilitas vitamin C.

Kakorlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk KTT WWF 2024 di Bali

Vitamin A

Vitamin A juga dapat menghasilkan kolagen, mengurangi inflamasi dan pigmentasi serta membantu produksi minyak (sebum) pada kulit.

Dr. Anita menyarankan untuk menggunakan krim malam yang mengandung 2-3 persen vitamin A (retinol) dan mengombinasikannya dengan hyaluronic acid karena dapat menjaga kulit agar tidak kering. Retinol baik digunakan pada malam hari.

Vitamin B

Vitamin B efektif untuk mencerahkan kulit. Jika dikonsumsi teratur, hiperpigmentasi pada kulit akan menurun. Vitamin ini juga dapat mengatasi jerawat.

Vitamin E

Vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan untuk melembapkan dan meremajakan kulit. Vitamin ini adalah pelembap yang baik, mencegah inflamasi dan penuaan dini. Vitamin E juga dapat membantu penyerapan nutrisi lain yang diberikan pada kulit.

Vitamin K

Vitamin K sangat penting untuk mencegah penggumpalan darah dan membantu agar kulit terlihat lebih muda. Vitamin ini bekerja di bagian bawah mata untuk mengurangi lingkar hitam pada mata dengan bantuan kolagen yang diproduksi oleh vitamin lain.

Mineral

Zinc dan sulfur bertindak sebagai anti bakteri dan anti inflamasi. Zinc membuat kulit lebih sehat dan membantu penyebaran vitamin A, sedangkan sulfur bertindak sebagai desinfektan dan membantu mengontrol minyak pada kulit. Keduanya baik untuk mengatasi kulit berminyak.

Zinc oxide adalah bahan utama untuk perlindungan dari sinar matahari. Mineral ini dapat mencegah kerusakan pada kulit akibat sinar matahari. Selain itu, mineral ini dikenal sebagai zat yang paling efektif dan aman untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Tembaga

Tembaga berfungsi sebagai antioksidan dan dapat mengurangi kerutan pada wajah dengan menstimulasi pembentukan kolagen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya