Wakil Ketua DPR Dorong Eksplorasi Energi Geothermal

Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto.
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menerima kunjungan Atase Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia Takashi Kitamura dan Direktur Japan International Cooperation Agency (JICA) Matsunoshita Minoru, membahas tentang masalah energi geothermal (energi panas bumi) dalam rangka pemenuhan kecukupan energi dalam negeri.

Demi Cari Solusi Percepatan Transisi Energi, MKI Mulai Jalin Kolaborasi

“Kita ketahui kecukupan energi itu sampai saat ini belum kita dapatkan, kami berfikir bahwa sumber energi yang sekarang cadangannya cukup banyak dan belum termanfaatkan adalah geothermal. Oleh karena itu Pimpinan Dewan Korinbang ingin mendorong supaya energi geothermal dapat dieksplor dan dikuatkan,” ujar Agus Hermanto di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 9 Mei 2016.

Menurut Agus, Indonesia memiliki cadangan energi geothermal yang cukup banyak, dan energi geothermal ini adalah energi yang berkelanjutan, ramah lingkungan, dan energi yang betul-betul kita miliki dengan memperhatikan lingkungan yang serba baik.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

“Energi geothermal ini tidak ada habis-habisnya, panas bumi yang dihasilkan oleh gunung berapi, seperti ada magma dan terdapat lapisan batuan dan air diatasnya, maka akan menghasilkan uap, dan uap inilah yang akan menghidupkan pembangkit,” jelasnya.

Energi tersebut akan terus bersikulasi, sehingga tidak mungkin merusak lingkungan dan energi itu tidak akan habis karena yang digunakan hanya uapnya saja. Berbeda halnya dengan gas yang memiliki resiko yang sangat tinggi, seperti peristiwa lapindo.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Kendala yang paling sulit dalam masalah ini adalah menemukan lokasi tempat titik pengeborannya, karena kandungan pusat uap di dalam lapisan bumi tidak selalu sama. Meskipun bisa dilihat dengan satelit namun setelah beberapa kali di coba, ternyata tingkat kepadatan uapnya masih kurang, sehingga harus pindah ke lokasi lain.

“Jelas hal ini mengandung resiko yang sangat tinggi, karena perlu dana yang besar untuk sekali tancap bor. Oleh sebab itu DPR ingin tahu bagaimana teknologi satelit yang dimiliki oleh Jepang untuk menentukan akurasi hotspot tersebut,” kata Agus. (www.dpr.go.id)

Arsip foto - Petugas PLN melakukan pengecekan terhadap biomassa yang berasal dari serbuk kayu untuk digunakan sebagai substitusi bahan bakar batu bara atau (co-firing) di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya, Cilegon, Banten.

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

BRIN ikut terlibat dalam transisi energi fosil ke energi baru terbarukan di Indonesia melalui studi konversi pembangkit listrik batu bara menjadi nuklir.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024