Pelaku Kekerasan Seksual di Bawah Umur Perlu Diterapi

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly mengatakan, penerapan hukuman terhadap pelaku kekerasan seksual, yang  masih di bawah umur, tetap dilakukan. Namun sesuai dengan sistem peradilan anak.

Kronologi Ayah di Sidoarjo Cabuli Anak Kandung Berusia 3,5 Tahun

"Pelaku anak beda, tentu beda, ada undang-undang peradilan anak, tentu dibedakan. Pengadilan dan pendekatan hukumannya juga beda," kata Yasonna Laoly usai menghadiri acara deklarasi Indonesia ‘Melawan Kejahatan Seksual, Sahkan UU Penghapusan Kekerasan Seksual’ di Rumah Kuliner, Komplek Metropol Megaria, Jalan Pegangsaan nomor 21, Jakarta Pusat, Kamis 12 Mei 2016.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga mengungkapkan, korban kekerasan seksual harus ada pendampingan untuk menghilangkan trauma.

Miris! Anak TK di Pekanbaru Diduga Jadi Korban Kekerasan Seksual Temannya

Yasonna menjelaskan, bahwa tidak hanya korban yang memerlukan pendampingan. Pelaku yang masih dalam kategori di bawah umur juga harus dilakukan pendampingan secara psikologis. Selain itu, pelaku yang merupakan anak-anak perlu dilakukan pendampingan dengan terapi kejiwaan dan terapi medis.

Atas pertimbangan itu, Yasonna berpendapat penerapan hukuman kebiri terhadap pelaku yang masih di bawah umur tidak tepat diterapkan.

Pelaku Pelecehan Seksual Terhadap 300 Anak Ungkap Kriteria Korbannya

"Korban dan pelaku (anak-anak) perlu juga pendampingan. Bukan kebiri untuk anak-anak, tapi perlu terapi juga harus dibuat. Jadi supaya jangan menjadi persoalan."

(mus) 

Anies Baswedan.

Cek Fakta: Anies Sebut Lebih dari 15 Juta Orang Jadi Korban Kekerasan Seksual

Dalam debat terakhir, Capres nomor urut 01, Anies Baswedan mengatakan jika lebih dari 15 juta orang mengalami kekerasan seksual.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2024