AP II Akui Pesawat dari Singapura Mendarat di Domestik

Maskapai Lion Air.
Sumber :
  • Anhar Rizki Affandi / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Angkasa Pura II Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soeta) mengakui insiden pada 10 Mei 2016 lalu, di mana maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 161 tujuan Singapura - Cengkareng yang membawa 182 penumpang masuk ke terminal domestik.

Kemenag Banten Terima Kuota Limpahan Calon Jemaah Haji dari Lampung dan Jakarta

"Kami mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan aviation security (petugas keamanan bandara) II Bandara Soekarno Hatta yang sudah dengan tanggap merespons penumpang dengan mengarahkan mereka ke terminal 2D untuk dilakukan pemeriksaan di imigrasi," kata Public Relation Manager AP II Bandara Internasional Soeta, Haerul Anwar saat dihubungi VIVA.co.id, Minggu 15 Mei 2016. 

Menurut dia, ada miss communication petugas handling Lion Air dengan petugas pesawat yang diparkir di remote 51 terminal 1. 

Lepas Keberangkatan Kloter 1 Jemaah Haji ke Tanah Suci, Menag Puji Layanan Fast Track

"Saat yang sama ada pesawat Lion Air juga yang berada di remote 56, petugas bus Lion mengira pesawat di remote 51 berasal dari Padang. Jadi mereka mengarahkan kendaraannya ke sana dan membawa penumpang ke terminal kedatangan domestik," kata Haerul. 

Akibat peristiwa itu, penumpang dari Singapura yang seharusnya ke imigrasi pun tampak kebingungan. "Nah, petugas avsec yang melihat para penumpang kemudian mengarahkan mereka kembali ke terminal 2D untuk ke imigrasi," katanya. 

Jemaah Haji Kloter 1 Dapat Fasilitas 'Fast Track', Dokumen Imigrasi Saudi Diperiksa di Soetta

Direktur Utama Lion Air, Edward Sirait, mengatakan akan melakukan investigas atas kejadian tersebut. 

“Saat ini kami sedang lakukan investigasi, dan jika ada petugas yang diketahui melakukan kesalahan sudah jelas akan kami beri sanksi,” kata dia.

Seperti diketahui, pesawat Lion Air dari Singapura mendarat di bandara Soekarno-Hatta pada Rabu, 10 Mei malam lalu. Namun, pesawat ini tidak mendarat di terminal II sebagaimana lazimnya pesawat dari luar negeri. Pesawat ini justru mendarat di Terminal I yang diperuntukkan untuk pesawat dengan penerbangan domestik.

Kasus ini mulai ramai diperbincangkan setelah akun @Zara Zettira yang tersebar di media sosial. Ia menyatakan bahwa anak temannya berangkat dari tanggal 10 Mei menggunakan pesawat Lion Air JT 161. Pesawat mendarat di terminal domestik. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya