Puri Botanical, Hunian Berkonsep Taman Botani

ilustrasi botanical garden
Sumber :

VIVA.co.id – PT Jakarta Setia Budi Internasional Tbk, melalui anak usahanya, Puri Botanical, kembali mengembangkan kawasan residensial dan komersial di wilayah Puri Botanical, Jakarta Barat.

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

Dengan total luas pengembangan residensial 100 hektare (Ha). Sekitar 50 persen di antaranya, atau 50 Ha diperuntukkan bagi ruang terbuka hijau (RTH), yang mana enam Ha diantaranya khusus untuk taman botani.

Associate Director Puri Botanical, Kezia Pariury mengatakan, RTH yang disediakan hampir dari separuh lahan itu sesuai dengan intruksi pemerintah. Dalam UU No. 26 Tahun 2007, secara khusus mengamanatkan perlunya penyediaan dan pemanfaatan ruang terbuka hijau, yang proporsi luasannya ditetapkan paling sedikit 30 persen dari luas pengembangan.

Menerawang Efektivitas Perpanjangan Insentif PPN DTP Sektor Perumahan

"Hunian kita berkonsep botanical garden, yang mana setiap rumah mempunyai taman masing-masing dan enam hektare disediakan untuk taman botani. Secara total, RTH-nya mencapai 50 hektare," ujar Kezia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu 18 Mei 2016.

Menurut Kezia, pengembangan taman ini bekerja sama dengan pihak Kebun Raya Bogor. Taman seluas enam Ha, atau sekitar 1,2 kilometer itu berisi berbagai koleksi tanaman.

Dijual hingga Rp15 Miliaran, 486 Unit di Cluster Ini Laku dalam 2 Hari

Selain hunian, Puri Botanical juga mengembangkan kawasan komersil seluas 26 Ha. Kezia mengatakan pengembangannya akan dimulai dengan membangun food and beverage (F&B) center di tahun ini, dilanjutkan dengan apartemen dan mal.

"F&B center bernama Connextion, merupakan tempat makan, dan hang out, dibangun dengan konsep unik dan menarik, serta dirancang oleh arsitek seniman Indonesia Sardjono Sani," tambahnya.

Connextion ini, lanjut Kezia, mengusung konsep filosofi harmoni antara gaya hidup dan pepohonan. Dengan gaya desain urban art tropical nature yang didukung dengan konsep semi alfresco, diyakini akan sangat menarik dan akan menjadi pusat destinasi kuliner terbaru.

"Connextion diperkirakan akan beroperasi di kuartal satu tahun 2017," ujar dia.

Puri Botanical saat ini telah dihuni oleh lebih dari 1.500 kepala keluarga, atau sekitar 6.000 penghuni.

Puri Botanical terletak di Jl. Joglo Raya, Jakarta Barat. Puri Botanical mempunyai empat akses tol langsung lingkar luar Jakarta, yang menghubungkan Airport, TB Simatupang dan Puri Botanical. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya