Peduli Wisata Tebing Breksi, Komunitas DIY Tanam 300 Pohon

Penanaman pohon di kawasan tebing Breksi, Yogyakarta
Sumber :
  • Daru Waskita/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Sebanyak 300 bendera Merah Putih yang dibawa anggota Pramuka, dikibarkan di atas tebing Breksi, tebing bebatuan gunung api purba yang kini tengah dikembangkan menjadi tujuan wisata alam. Lokasinya, berada di dekat Candi Ijo, Prambanan, Yogyakarta. 

Ber-selfie Ria di Saralas Garden, Kebun Bunga Cantik di Bantul

Selain pengibaran 300 bendera, ada juga penanaman 300 pohon berbagai jenis, yang dipimpin Kepala Dinas Pariwisata, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Aris Riyanto.

Dua prosesi ini menandai aksi 47 komunitas di DIY, yang berpartisipasi mengembangkan potensi wisata provinsi itu. Membawa tema “Bersinergi 2016”, aksi lintas komunitas peduli wisata ini akan berlangsung pada 21-22 Mei 2016.

Resoinangun Garden, Spot Cantik di Yogyakarta untuk Swafoto

"Aksi ini merupakan kesepakatan 47 komunitas yang ingin bekerja nyata turut mengembangkan dunia pariwisata DIY," ujar Chiprianus Tugiyanto, Koordinator Lintas Komunitas, Sabtu, 21 Mei 2016.

Menurut Antok, sapaan Tugiyanto, acara kali ini merupakan tahapan pertama dari proses membangun taman lintas komunitas pertama di Indonesia, yang akan dimulai dengan penanaman pohon buah. Rencananya, ada 1.000 pohon yang ditanam di lahan seluas 1 hektare.

Di Bantul, Embung Disulap Jadi Obyek Wisata Romantis

"Pohon-pohon ini kami peroleh melalui hasil donasi dari anggota lintas komunitas peduli pariwisata dan donatur umum seharga Rp250 ribu per pohon dengan fasilitas berupa plakat, sertifikat yang berisi nama atau komunitas, dan blok atau titik koordinat, serta perawatan selama 3 tahun, sehingga dipastikan bahwa pohon buah ini sudah mampu bertahan, tumbuh dan berbuah pada akhirnya," tutur Antok.

Pada kesempatan ini, Annisa Ryzkya Nasution selaku koordinator aksi bersinergi, mengungkapkan acara ini juga akan diisi dengan aksi mewarnai 50 tong sampah. "50 tong sampah ini akan kami serahkan pada pengelola objek wisata Taman Breksi," kata Nisa.

Aksi lintas komunitas dalam mengembangkan wisata di Yogyakarta mendapatkan apresiasi dari dinas pariwisata setempat. 

"Ini adalah sebuah nilai yang tentu saja layak dan harus diperjuangkan sampai kapan pun, sehingga harapannya lintas komunitas istimewa peduli pariwisata ini mampu berperan serta secara aktif sebagai wadah kegiatan bersama, yang memberikan contoh positif kepada masyarakat," ujar Arya Nugrahadi, Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata DIY di lokasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya