Sandiaga: Jangan Bangga Punya UMKM Jutaan

Sandiaga Salahudin Uno
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM, Koperasi, dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno mengajak UMKM Indonesia untuk berkembang dan maju. Bahkan, tidak segan untuk belajar dari Tiongkok dan negara-negara maju lainnya.

E-Commerce dan Tantangannya Jelang Harbolnas

Menurut dia, 57 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia itu karena keterpaksaan. Di negara lain sangat membatasi  jumlah UMKM demi kebutuhan pemberdayaan negaranya.

"Seperti Tiongkok dan Jepang, UMKM hanya berjumlah 25-35 juta dengan ekonomi yang sangat besar," kata Sandiaga di Ballroom Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta Selatan, Selasa 31 Mei 2016.

GoFood Naikkan Komisi Sepihak, Asosiasi: Mau Untung Berapa UMKM!

Oleh karena itu, perlu adanya pemberdayaan, pelatihan-pelatihan, dan pemberian modal usaha dalam mengembangkan UMKM.

Adapun tiga solusi yang disampaikan Sandiaga adalah akses terhadap lahan usaha, permodalan, dan sumber daya manusia. "Jangan bangga gitu loh, jumlah UMKM banyak malah bangga gitu," ujarnya.

Strategi Pemasaran di Era COVID-19

Sandiaga sangat menyayangkan hal tersebut, seharusnya pihak terkait bisa menyediakan lapangan pekerjaan untuk mengembangkan usaha para UMKM.

"Kita seharusnya prihatin kalau UMKM banyak, kita tidak bisa menyediakan lapangan pekerjaan baginya. Pekerjaan mereka sekarang secara keterpaksaan hanya menjadi UMKM," tutur Sandiaga.

Ilustrasi E-commerce.

E-Commerce Menggeliat, Industri Logistik Cemerlang pada 2022

Momentum pemulihan ekonomi dari pandemi COVID-19 pastinya akan dimanfaatkan para pemain e-commerce dan sektor logistik.

img_title
VIVA.co.id
16 November 2021