Tips Jitu Memasak Kalio Daging Sapi

Kalio daging
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Anda tentunya tidak ingin mengecewakan orang tersayang dengan menyajikan kalio yang tidak dimasak sempurna. Nah, artikel ini akan membahas beberapa tips untuk memasak kalio daging dari Ahmad Nurseha, Juru Masak dari Sea Grain Restaurant, Jakarta.

4 Makanan Khas Ramadhan di Timur Tengah, Cocok Buat Buka Puasa

Menurut pria yang akrab disapa Chef Seha ini, sebelum membuat hidangan olahan daging apapun, sebaiknya Anda merebus terlebih dahulu daging yang akan dimasak dengan diberikan bawang merah, bawang putih yang sudah dihaluskan dan potongan nanas. Itu dilakukan agar tekstur daging nantinya menjadi lebih empuk.

Proses perebusan ini dilakukan selama lima hingga 10 menit. Anda tidak perlu khawatir proses ini akan mempengaruhi rasa daging, Seha memastikan hal itu tidak akan terjadi.

Makan Daging Kambing Ampuh Tingkatkan Libido, Mitos atau Fakta?

"Saat diungkep, kasih bawang merah, (bawang) putih dan nanas biar dia punya serat lebih empuk dan tidak keras. Ditutup kurang lebih lima sampai 10 menit," kata Chef Seha yang ditemui usai demo masak di Sea Grain Restaurant, Selasa, 31 Mei 2016.

Untuk membuat kalio daging, ia menyarankan untuk menggunakan daging sapi bagian punggung. Namun, kalio tidak selamanya harus menggunakan daging sapi. Anda pun bisa menggantinya dengan daging ikan, ayam atau bahan lain sesuai selera.

Bubur Masjid, Makanan Wajib Raline Shah Setiap Ramadan

Selain itu, jika Anda tidak begitu menyukai rasa pedas, Anda bisa menambahkan kurma pada kalio agar rasa pedas tidak begitu terasa.

Tips terakhir adalah memastikan bumbu benar-benar matang agar kalio bisa bertahan lebih lama.

"Beef kalio itu bisa disimpan untuk sahur. Cukup dipanasin sebentar dan jangan tutup rapat, nanti bumbunya enggak matang. Biar awet sampe sahur bumbunya harus matang."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya