Persiapan Lebaran, Komisi V Agendakan Kunjungan Spesifik

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis
Sumber :

VIVA.co.id – Mempersiapkan musik lebaran, Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis mengaku telah mengagendakan untuk rapat kerja dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian PU, Korlantas, BMKG, dan Basarnas sebagai mitra-mitra Komisi V dalam rangka untuk persiapan infrastruktur.

Bersama Export Center Surabaya, Bea Cukai Lepas Ekspor Produk Ikan Tenggiri dan Ikan Tuna

"Kita juga sudah mengagendakan untuk melakukan kunjungan spesifik untuk melihat secara langsung berkaitan dengan persiapan infrastruktur mudik lebaran di beberapa titik, terutama titik-titik yang kita anggap terus berulang persoalan-persoalannya," ujarnya di Senayan, Kamis 2 Juni 2016.

Ia menjelaskan, kunjungan spesifik melihat apa yang berulang setiap tahun diantaranya, titik kemacetan, rawan kecelakaan dan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam hal untuk safety security dan kenyamanan mudik lebaran.

BI Pede Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2024 di Atas 5 Persen, Ini Pendorongnya

"Kita juga meminta dalam setiap penanganan infrastruktur persiapan mudik lebaran itu ada terobosan-terobosan, agar persoalan yang berulang itu tidak muncul kembali," ujarnya.

Ia menjelaskan, hal yang perlu diperhatikan terkait tingkat kenaikan pemudik yang menggunakan transportasi roda dua.

Kebut 12 Proyek IKN, Waskita Karya Pastikan 7 Proyek Rampung Semester I-2024

"Apa sih langkah-langkahnya, apakah masih konvensional seperti dulu, apa terobosan-terobosan yang lain. Juga berkaitan bagaimana audit safety dari setiap moda transportasi ya kita minta untuk diaudit secara benar, baik itu darat laut maupun udara," katanya.

Selain itu, sambungnya kereta api dan langkah-langkah selanjutnya dari Korlantas berkaitan dengan rekayasa lalu lintas di beberapa titik yang rawan macet.

"Misalnya tempat-tempat objek wisata, yang berkaitan dengan pasar dan sebagainya, terutama berkaitan dengan waktu kembalinya ke Jakarta," katanya.  (Webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya