Agustus, Banyak Event Pariwisata Seru di Kepulauan Nias

Lompat batu untuk atraksi wisata di Nias
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia bersama para bupati dan wali kota yang ada Kepulauan Nias, Sumatera Utara, meluncurkan Nias Pesona Pulau Impian 2016. Acara yang digelar di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata tersebut merupakan komitmen dan langkah awal penguatan kerja sama antara empat kabupaten dan satu kota se-Nias.

Menpar Targetkan 100 Ribu Wisman ke Nias pada 2019

Acara ini juga diselenggarakan tentunya dalam misi mengembangkan sektor kepariwisataan di Pulau Nias, termasuk dukungan pelaksanaan acara Pesta Ya' ahowu dan surfing internasional yang akan berlangsung di Kabupaten Nias Selatan dan Gunung Sitoli. Penyelenggaraan ini akan berlangsung pada 6-8 Agustus 2016 mendatang.

Ini merupakan acara unggulan sebagai agenda tahunan pariwiaata Nias dalam rangka mempromosikan dan peningkatan kunjungan wisatawan ke Pulau Nias. Serta untuk mendukung program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mewujudkan target 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara.

Puluhan Imigran Gelap Asal Srilanka Ditemukan di Laut Nias

Hal ini pun disambut baik oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti yang mengatakan bahwa Nias memiliki potensi besar dalam sektor Pariwisata berupa alam, budaya dan buatan manusia. Panorama bahari yang menawarkan pasir putih dan ragam taman bawah laut pun tidak kalah menarik.

"Nias Pesona Pulau Impian 2016 merupakan komitmen bersama dengan empat kabupaten dan satu kota se-Pulau Nias dan diyakini ini dapat membangun sektor pariwisata yang ada diseluruh Nias. Kepulauan ini memiliki potensi besar dalam berbagai hal, seperti kekayaan alam, budaya dan buat seperti surfing bertaraf internasional," ujar Esthy dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 3 Juni 2016.

Komisi Aparatur Sipil Diminta Selidiki Ciuman Massal di Nias

Pemerintah Kabupaten dan kota se-Pulau Nias telah menyiapkan sejumlah event pariwisata menarik, seperti Pesta Yaahowu yang akan berlangsung saat pembukaan di Kabupaten Nias Selatan pada 6 Agustus 2016. Pesta tersebut akan dimeriahkan dengan sejumlah atraksi busaya, lomba surfing, pameran kerajinan dan kuliner khas Nias.

Selain itu, akan ada juga atraksi budaya lokal Kepulauan Nias, atraksi tari perang, atraksi lompat batu dan upacara adat Nias. Untuk malam puncak acara akan berlangsung di Kota Gunung Sitoli yang akan menghadirkan festival budaya yang dimeriahkan oleh artis nasional dan lokal serta pelepasan 1.000 lampion di udara.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Masih di Bawah 30 Persen, TNI Gempur Pulau Nias dengan Vaksinasi

Vaksinasi di Kabupaten Nias Selatan 25,61 persen, Kabupaten Nias Barat 21,71 persen, dan Kabupaten Nias Utara 17,65 persen. Terendah dibanding daerah lain di Sumut.

img_title
VIVA.co.id
3 November 2021