6 -6-1981: Kecelakaan Kereta Terburuk di India karena Sapi

Sapi di India adalah hewan suci yang dikeramatkan.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id –  Hari ini, 35 tahun yang lalu, sebuah kecelakaan kereta api yang fatal terjadi di India. Demi menghindari seekor sapi, kereta tersebut malah terjun ke sungai Baghmati, India.

FPI Cs Ancam Sweeping Warga India, Nama Raam Punjabi Disinggung

Menurut laman History, kereta dengan sembilan gerbong itu sedang melakukan perjalanan di Bihar, sekitar 250 mil Kalkuta. Saat itu kondisi di sekitar wilayah tersebut terus menerus dilanda hujan yang sangat deras, sehingga membuat sungai meluap dan rel kereta api menjadi sangat licin.

Saat itu kereta mengangkut sekitar 1.000 orang dalam sembilan gerbong mereka. Saat mendekati sungai Baghmati, masinis melihat sapi yang melintasi jalur kereta yang akan dilalui. Panik, karena sapi adalah hewan suci di India, masinis memutuskan menarik rem. Namun ia terlalu keras, sehingga tujuh gerbong tergelincir dan terjun langsung ke sungai. Air sungai yang sedang deras dan meluap membuat kereta langsung tenggelam.

Sindir Budiman Sudjatmiko, Pigai: Berat Ya Jadi Orang Berpikir

Setelah pencarian selama 28 hari, petugas penyelamat hanya bisa menemukan 286 mayat dari sungai tersebut. Sekitar 300 orang lainnya tak pernah berhasil ditemukan.  

Kesimpulan penyelidikan menyatakan, aksi masinis yang berusaha menghindari hewan yang disucikan oleh warga India tersebut adalah penyebab utama jatuhnya kereta ke dalam sungai.

Fahri Vs Budiman Sudjatmiko soal Sikap Diam Jokowi Atas Tragedi India

(ren)

Aksi bela Muslim India yang digelar di Makassar menuntut Dubes India diusir dari Indonesia, Jumat (6/3/2020).

MUI: Kemlu Ragu Bersikap Terhadap Kekerasan Muslim India

MUI kecewa berat terhadap Kedubes India.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2020