Masih Tersisa Kuota Mudik Gratis Kemenhub

Pemudik yang mengendarai sepeda motor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kristian Ali

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor pada masa Angkutan Lebaran Tahun 2016, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan selama masa penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2016. Sehingga, keselamatan dan kenyamanan mudik Lebaran dapat terlaksana dengan baik. 

Ketahuan Nyopet Saat Mudik Lebaran, Pria Ini Diamuk Massa

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Selasa 7 Juni 2016, Sampai dengan 6 Juni 2016, kuota mudik gratis untuk pengguna sepeda motor yang diselenggarakan Kemenhub dengan moda bus dan kereta api masih tersisa banyak. 

"Kami mengajak segenap masyarakat yang akan mudik untuk memanfaatkan program mudik gratis tersebut, dengan melakukan pendaftaran secara online di mudikgratis.dephub.go.id, atau mendatangi langsung booth pendaftaran di beberapa titik keramaian di Kota Jakarta dan sekitarnya, seperti di Terminal Grogol, Blok M Square, Terminal Depok, Terminal Kalideres, dan Kebun Binatang Ragunan," kata  Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hemi Pamurahardjo. 

Jelang Lebaran, BBM di Ternate Langka

Menurut dia, kuota sepeda motor yang diangkut oleh moda kereta api masih tersisa 5.340 sepeda motor. Sedangkan untuk arus baliknya, untuk tujuan Lintas Utara tersisa kuota tujuh sepeda motor. Untuk tujuan Lintas Selatan I tersisa kuota lima sepeda motor. Sedangkan untuk tujuan Lintas Selatan II, tersisa kuota satu sepeda motor.

Saat ini, keseluruhan pendaftar mudik gratis untuk pengguna sepeda motor dengan moda kereta api adalah 10.116 sepeda motor dari total kuota sebanyak 15.834 sepeda motor, atau baru terisi sebesar 64 persen dari total kuota. Total kuota tersebut mengalami kenaikan sebesar 59,9 persen dibandingkan 2015, yaitu sebesar 9.900 sepeda motor. 

Lebaran, Umat Islam Diminta Tak Pamer Kekayaan

Sementara itu, untuk moda bus, hingga 6 Juni 2016, masih tersisa kuota sepeda motor sebanyak 5.528 dan penumpang sebanyak 13.053. Kuota keseluruhan untuk moda bus adalah 12 ribu sepeda motor dan 24 ribu penumpang. Jumlah kuota sepeda motor tersebut mengalami kenaikan sebesar 275 persen dari 2015, yaitu sebanyak 3.200 sepeda motor.

"Untuk moda bus, pendaftaran dibuka pada 13 Mei 2016 – 12 Juni 2016. Sedangkan untuk moda kereta api, pendaftaran telah dibuka dari 8 Maret 2016. Semula dijadwalkan pendaftaran akan ditutup pada tanggal 6 Juni 2016, tetapi pendaftaran untuk moda kereta api diperpanjang sampai dengan tanggal 16 Juli 2016," ujar Hemi.
 
Program mudik gratis pengguna sepeda motor dengan bus tahun ini melayani sembilan kota tujuan arus mudik yaitu Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogya, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang. Sedangkan untuk arus baliknya, terdapat tiga kota tujuan, yaitu Yogya, Solo, dan Semarang. (asp)

Foto Ilustrasi pemudik menunggu antrean.

Kemampuan Anda Menyetir Cuma 3 Jam, Jangan Dipaksa

Saat mudik Anda kerap dipaksa menyetir belasan jam tanpa henti.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2016