Belajar Kelola Uang dari Silat Betawi

Ilustrasi Pencak Silat
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Bagi orang Betawi tempo dulu, menguasai silat atau main pukulan adalah sebuah keharusan. Selain berguna untuk melindungi diri, mempelajari silat juga memberi keuntungan bagi kesehatan.

Katanya Begini Rahasia Orang Kaya Kelola Uang

Ternyata, belajar silat rupanya punya kelebihan lain. Seni bela diri asli Indonesia ini bisa memberikan kita pelajaran finansial.

Mau tahu pengetahuan finansial apa saja yang bisa kita pelajari dari silat? Berikut ulasannya:

Instrumen Investasi Syariah yang Aman Bagi Muslim

Disiplin adalah dasar

Salah satu ciri pesilat tangguh adalah memiliki sifat disiplin. Hal ini bukan konsep yang sepele melainkan dasar paling penting dalam mempelajari seni bela diri.

Kegiatan Ekonomi yang Ternyata Dilarang dalam Islam

Tanpa disiplin, seseorang tidak akan bisa menjadi jago pukulan atau ahli silat. Setali tiga uang, disiplin juga sangat penting saat kita ingin mencapai tujuan finansial apa pun.

Misalnya, Anda berencana menabung untuk modal bisnis tahun depan, maka Anda tidak bisa lagi membeli gawai terbaru atau sepatu keluaran terbaru saat bepergian ke mall. Untuk merealisasikan tujuan, Anda harus mencamkan target tersebut dalam pikiran dan menggunakan disiplin agar tidak mudah goyah dan tergoda.

Baca juga: Tips Atur Uang Biar Kamu Bisa Liburan Setiap Bulan

Pikiran bersih jadi kunci

Seperti disiplin, pikiran bersih adalah syarat utama untuk menguasai main pukulan, alias pencak silat. Anda harus punya pikiran yang bersih dan fokus untuk bersikap atas serangan yang datang.

Sama seperti saat menghadapi masalah keuangan, pikiran yang bersih dan fokus akan sangat membantu Anda untuk mengatasinya. Dengan pikiran yang bersih, solusi yang sebelumnya tidak terpikirkan bisa muncul.

Pikiran yang bersih juga membantu Anda untuk memperoleh perspektif yang lebih luas atas sebuah masalah keuangan.

Berdamailah dengan rasa sakit

Mustahil mempelajari silat tanpa pernah mengalami rasa sakit. Untuk menguasai seni bela diri, salah satu syaratnya adalah rasa sakit saat menjalani latihan yang berat.

Seorang murid silat bahkan harus mempelajari jurus tahan pukul dengan menahan setiap pukulan dari gurunya. Nah, terkadang keputusan finansial juga bisa sangat menyakitkan.

Rasa sakitnya bisa kecil seperti memilih jalan kaki, ketimbang menggunakan kendaraan atau seperti menunda membeli rumah sembari menabung dan tinggal di kontrakan. Namun percayalah hasil yang kamu peroleh akan menguntungkan di kemudian hari.

Baca juga: Kesalahan Atur Uang Pasangan Baru Menikah yang Selalu Bikin Bertengkar

Perkembangan lambat namun stabil lebih baik dari instan

Kebanyakan seni bela diri harus dipelajari secara perlahan bila ingin menguasainya dengan baik. Banyak orang yang berniat menjadi ahli silat gagal lantaran tidak sabar dan ingin menguasainya secara instan.

Namun, silat adalah seni yang tidak dapat dipelajari secara instan. Begitu pun dengan membangun kekayaan. Mereka yang kaya dengan perjuangan, biasanya akan lebih mampu mempertahankan kekayaan dibanding orang-orang yang mendapatkan kekayaan secara instan melalui warisan atau menang lotre, misalnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya