Ramuan Ampuh Atasi Kulit Kepala Gatal

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Cuaca panas rentan membuat kulit kepala cepat terasa gatal. Serangan rasa gatal di kulit kepala tentu akan sangat mengganggu, terutama jika Anda sedang berada di tempat umum. Terlebih, jika gatal itu dibiarkan bisa mengakibatkan kerontokan rambut.

Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya

Jika Anda sudah mencoba banyak produk dan masih belum menemukan solusi yang tepat, cobalah beberapa cara berikut yang dapat membantu mengurangi rasa gatal di kulit kepala seperti dikutip dari laman Times of India.

Gunakan Sampo Bayi
Penyebab utama rasa gatal di kulit kepala adalah sampo yang Anda gunakan. Kebanyakan sampo mengandung kadar kimia yang tinggi dan banyak perempuan menggunakan sampo yang tidak sesuai dengan tekstur rambut mereka. Sampo yang salah membuat rambut Anda kering dan kulit kepala gatal. Sambil Anda mencari sampo yang tepat, gunakan sampo bayi dulu selama beberapa waktu. Sampo bayi biasanya lembut untuk rambut dan kulit kepala Anda tanpa mengiritasi rambut.

Ramuan Ampuh untuk Atasi Gatal Pada Kulit Kepala

Keramas Dengan Air Dingin
Air panas biasanya menyebabkan hilangnya kelembaban rambut dan membuatnya kering serta gatal. Jadi, pilihlah air dingin untuk keramas. Rasa gatal pun secara perlahan akan berkurang.

Makan Makanan Seimbang
Makanan yang kaya vitamin A, B, C, dan mengandung zat besi tinggi memberikan manfaat yang besar pada kesehatan rambut dan kulit kepala. Selain itu, perbanyaklah minum air setidaknya 2-3 liter air setiap hari.

Bukan Nanda Persada, Ternyata Ini Dia Sosok Dibalik Akun Lambe Turah

Air Perasan Lemon
Gunakan dalam takaran yang tepat dan aplikasikan pada kulit kepala. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan bersih dilanjutkan dengan keramas menggunakan sampo. Anda juga bisa mencampurnya dengan yogurt lalu aplikasikan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan. Sebelum digunakan, encerkan perasan air lemon dengan air.

Cuka Apel
Cuka apel memiliki kandungan yang bisa mengurangi gatal di kulit kepala. Ambil sedikit cuka apel dan campurkan dengan air. Gunakan kapas untuk mengalikasikannya di kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit dan bersihkan. Lakukan dua kali seminggu hingga keadaan membaik.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa merupakan bahan yang tepat untuk melembabkan rambut. Aplikasikan secara rutin setiap minggu dan hasilnya tidak hanya rasa gatal berkurang tapi juga mempercepat pertumbuhan rambut. Diamkan mintak meresap selama sedikitnya setengah jam sebelum dibilas.

Laporan: Adinda Permatasari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya