Dorong Wisata, Garuda Buka Lagi Rute Medan-Singapura

Miniatur pesawat maskapai Garuda Indonesia
Sumber :
  • REUTERS/Nyimas Laula

VIVA.co.id – Maskapai flag carrier nasional, Garuda Indonesia meresmikan pengoperasian kembali layanan penerbangan Medan – Singapura (pp), sebagai upaya memperluas jaringan penerbangan rute internasional, sekaligus mendorong pertumbuhan pariwisata lokal, serta memenuhi kebutuhan para pengguna jasa bisnis, khususnya di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya.

Angkasa Pura Investigasi Penyebab Pesawat Garuda Keluar Lintasan

Peresmian rute penerbangan Medan – Singapura tersebut, dilaksanakan secara bersama-sama oleh Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya, Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo, dan Plt. Gubernur Sumatra Utara Tengku Erry Nuradi di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa 14 Juni 2016.

Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo mengatakan, pembukaan kembali rute Medan - Singapura pp tersebut merupakan bagian dari strategi bisnis Garuda Indonesia untuk terus mengembangkan jaringan penerbangannya di rute internasional, khususnya ke Singapura.

Soal Putusan Sidang KPPU, Begini Tanggapan Dirut Garuda

“Melalui penerbangan Medan – Singapura ini, kami berupaya untuk semakin meningkatkan posisi Garuda Indonesia bagi pasar Singapura. Di samping itu, dengan berbagai potensi yang dimiliki kota Medan, khususnya potensi pariwisata, rute strategis ini diharapkan juga akan terus mendorong peningkatan pariwisata daerah,” tutur Arif dalam keterangan tertulisnya.

Pembukaan rute tersebut juga terkait dengan berlakunya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun ini. Pembukaan kembali rute ini (sebelumnya terakhir dilayani Garuda Indonesia tahun 2002) – dan rute-rute internasional strategis lainnya – dapat menunjang potensi pariwisata Indonesia dalam menghadapi gelombang kompetisi, di mana didukung oleh potensi pariwisata Indonesia yang memiliki daya tarik besar bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Garuda Indonesia Klarifikasi Isu Masker Awak Kabin Diganti Face Shield

Penerbangan Medan – Singapura  tersebut, dilayani setiap hari dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800 NG yang berkapasitas 162 penumpang (150 kelas ekonomi dan 12 kelas eksekutif/bisnis).

Penerbangan Medan – Singapura dengan nomor penerbangan GA-850 berangkat dari Medan pukul 13.30 WIB, dan akan tiba di Singapura pada pukul 16.00 LT. Sementara itu, untuk penerbangan Singapura – Medan dengan nomor penerbangan GA-851 berangkat dari Singapura pada pukul 11.15 LT, dan akan tiba di Medan pada pukul 11.45 WIB.

“Dengan layanan penerbangan Garuda Indonesia ke London yang melalui / transit di Singapura, rute Medan – Singapura ini diharapkan akan menjadi tawaran menarik bagi masyarakat Medan dan sekitarnya untuk melakukan perjalanan wisata tanpa perlu melalui Jakarta,” kata Arif.

Penerbangan ke Singapura ini, merupakan rute internasional kedua yang dilayani Garuda Indonesia dari Medan. Sebelumnya pada Desember 2015, Garuda Indonesia membuka layanan penerbangan dari Medan ke Jeddah.

Sebagai program pengembangan armada, sepanjang tahun 2016 ini, Garuda Indonesia Group akan menerima kedatangan total 17 armada baru yang terdiri dari satu Boeing 777-300ER, empat Airbus A330-300, empat ATR72-600, dan delapan Airbus A320 untuk Citilink. Dengan demikian, hingga akhir 2016 ini Garuda Indonesia Group akan mengoperasikan total 197 armada yang terdiri dari 144 armada Garuda Indonesia dan 53 armada Citilink. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya