Bujet Tipis, Lakukan 4 Hal Ini Agar Lebaran Tetap Meriah

Ilustrasi dompet kosong
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Ramadan adalah bulan suci umat Islam di seluruh dunia. Bulan di mana Muslim berpuasa ini juga dirayakan, baik secara spiritual maupun fisik. Tak heran, bila akan ada banyak biaya yang biasanya keluar saat Ramadan.

Katanya Begini Rahasia Orang Kaya Kelola Uang

Pengeluaran tersebut akan terus terjadi hingga puncaknya di saat Lebaran. Tetapi, bagaimana bila Ramadan tahun ini anggaran yang Anda miliki tergolong minimalis. Jangan-jangan, perayaan Lebaran justru jadi tidak semarak. Nah, buat kalian yang memiliki bujet tipis, berikut ini empat langkah yang harus dilakukan, agar Lebaran tetap semarak:

1. Jahit baju sendiri

Instrumen Investasi Syariah yang Aman Bagi Muslim

Bagi sebagian orang, mengenakan baru baru adalah tradisi Lebaran. Untuk menghemat, Anda sebenarnya bisa menyiasati dengan baju Lebaran yang dibeli tahun lalu. Karena jarang dipakai, tentunya baju tersebut masih terlihat seperti baru dan layak digunakan untuk Salat Idul Fitri. Tetapi, jika kasusnya memang harus membeli baju baru, disarankan untuk membeli bahan dan menjahitnya saja. Ongkos yang Anda keluarkan dijamin jauh lebih murah dibandingkan harus membeli baju dan celana baru di pusat perbelanjaan. 

Baca juga: 5 Tim Nasional Termahal dalam Ajang Euro 2016

Kegiatan Ekonomi yang Ternyata Dilarang dalam Islam

2. Buat parsel sendiri

Untuk anggaran parsel, Anda bisa lakukan banyak penghematan dengan membuat parsel sendiri. Gunakan keranjang parsel lama yang Anda terima tahun lalu. Belanja kue kering dan makanan kaleng secukupnya dan bungkus dengan plastik. Jangan lupa selipkan kartu ucapan di dalam parsel, agar buah tangan yang Anda berikan makin berkesan bagi mereka yang menerimanya. Asal tahu saja, harga parsel jadi bisa dua kali lipat dibandingkan parsel yang kita buat sendiri. Jika tidak percaya, silakan mencobanya.

Beritkutnya, cari penghasilan tambahan...

3. Cari penghasilan tambahan

Bila THR yang Anda dapatkan tahun ini jumlahnya kecil, masih ada waktu untuk meningkatkan jumlahnya. Caranya? Coba cari pekerjaan sampingan, atau bisnis dadakan yang bisa menghasilkan uang. Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa kamu jalankan mulai dari berjualan takjil hingga menjadi pekerja paruh waktu. Mumpung Lebaran masih lama, Anda masih punya cukup waktu untuk menjalankan rencana menambah uang. 

Baca juga: Cara Mengatur Pola Makan Agar Lebih Sehat Saat Puasa

4. Manfaatkan diskon kartu kredit untuk berbuka

Saat bulan puasa, ada pengeluaran yang tidak terlepas dari ajakan buka bersama. Mulai dari teman sekolah, teman kuliah, rekan kerja hingga teman satu komunitas. Untuk acara berskala besar biasanya Anda diminta patungan. Tapi untuk skala kecil, bisa dilakukan di restoran dan membayar tagihannya sendiri-sendiri. Supaya lebih hemat, pilih restoran yang memberikan diskon sesuai dengan kartu kredit yang Anda miliki. Silaturahmi terjalin, dompetmu pun tetap aman. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya