Waspada Uang Palsu untuk THR

Ilustrasi uang rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Permintaan uang pecahan besar untuk tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri, meningkat 12,57 persen. Minimal, untuk tahun ini pecahan untuk THR diperkirakan dari Rp20 ribu ke atas.

Dukun Uang Palsu Mbah Jambrong Ditangkap, Barbuknya Bikin Kaget

Kepala Divisi Bidang pembayaran, Deputi bid keuangan Bank Indonesia Kanwil Jawa Barat, Mikael Budisatrio menjelaskan, dengan prediksi tersebut, dipastikan untuk pertukaran uang jelang Lebaran kali ini, tersedia dan tersebar.

"Kami akan siapkan pecahan besar, mulai dari Rp20 ribu ke atas sebesar Rp15,18 triliun, naik 12,57 persen dari tahun sebelumnya. Untuk pecahan kecil ke bawah dari Rp10 ribu menurun hingga 21,6 persen," ujar Mikael, saat pembukaan layanan mobil terpadu di Monumen Perjuangan jalan Dipatiukur Kota Bandung Jawa Barat, Senin 20 Juni 2016.

Dua Kakek Beli Ribuan Uang Palsu dengan Uang Asli Rp50 Juta

Untuk memaksimalkan pertukaran uang itu, pihaknya menyiapkan layanan penukaran uang secara langsung di lima lokasi pusat keramaian warga, di kota Bandung. Lokasi itu, berada di Monumen rakyat Perjuangan, alun alun Kota Bandung, alun-alun Kota Cimahi, alun-alun Ujung Berung dan monumen Tegalega.

Selain untuk Bandung Raya, ketersediaan uang pecahan tersebut, turut didistribusikan di wilayah Tasikmalaya dan Kabupaten Cirebon. "Untuk persentase, kami siapkan 153 persen untuk pecahan besar, pecahan kecil 137 persen," ujarnya.

Polisi Surabaya Gagalkan Peredaran Uang Palsu lewat Mesin ATM

Dengan ketersediaan pecahan uang dan pelayanan ini, masyarakat agar menukarkan uang ke layanan resmi, jangan terlalu dominan menukarkan uang di pinggir jalan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan ke asliannya.

"Tujuan utama kami adalah mencegah adanya uang palsu yang beredar. Masyarakat jangan menukarkan uang di tempat yang tidak resmi, seperti penukaran uang di kawasan jalan merdeka kota Bandung," tuturnya. (asp)

Pembuat dan pengedar uang palsu ditangkap

Pelatih Bulu Tangkis di Garut Jadi Sindikat Peredaran Uang Palsu Miliaran Rupiah

Pengungkapan sindikat peredaran uang palsu berawal dari laporan masyarakat yang mencurigai adanya peredaran uang palsu di Kecamatan Karangpawitan Garut.

img_title
VIVA.co.id
20 November 2022