Komisi II Pastikan Akan Ada Penolakan Rasionalisasi PNS

Arteria Dahlan, anggota Komisi III DPR RI.
Sumber :

VIVA.co.id – Anggota Komisi II DPR RI Arteria Dahlan memastikan akan ada penolakan terhadap ajuan anggaran untuk rasionalisasi PNS dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Dia mendesak agar Kemenpan RB tidak melakukan kegiatan di luar yang telah disepakati bersama dengan DPR.

Demokrat: Jika RUU HIP Bertujuan Mulia, Enggak Mungkin Rakyat Bereaksi

Arteria mengatakan, penolakan setiap fraksi di Komisi II terhadap rasionalisasi PNS masih bersifat informal.

"Semua fraksi sepakat tidak mau tapi untuk sikap fraksi yang belum, masih menunggu pembahasan," katanya, Senin 20 Juni 2016.

Tidak Virtual DPR Rapat dengan Menhan Prabowo dan Panglima TNI

Menurut Arteria, jangan sampai terjadi penyalahgunaan kewenangan dan penyalahgunaan keuangan negara. Dia mengatakan, tidak pernah ada rencana rasionalisasi dalam 8 agenda reformasi birokrasi seperti yang pernah disampaikan Menpan RB Yuddy Chrisnandi ke DPR.

"Seingat saya tidak ada nomenklatur maupun program kegiatan yang intinya merasionalisasi PNS. Setahu saya yang ada adalah merasionalisasi lembaga-lembaga negara pembantu Presiden," ujarnya.

Jika RUU HIP Dilanjutkan, PA 212 Minta Cantumkan Lagi Syariat Islam

Dia mengingatkan, Kemenpan RB berhati-hati dalam melontarkan rencana rasionalisasi PNS. Dalam praktiknya, jangan sampai nanti Kemenpan RB mengeluarkan anggaran di luar dari peruntukkan yang sudah ditetapkan DPR. Soalnya bisa berefek serius, yakni berimplikasi tindak pidana korupsi.

"Kemenpan lebih baik fokus untuk melakukan birokrasi yang bersih dan meningkatkan pelayanan," katanya.  (webtorial)

Rapat Dengar Pendapat Komisi VIII DPR RI dengan Kementerian Sosial RI

DPR Setujui Pagu Indikatif Kemensos 2021 Sebesar Rp62,024 Triliun

Penyerapan anggaran Kemensos juga diapresiasi.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2020