Menteri Jonan Sedih Angkutan Gratis Lebaran Kurang Diminati

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Malang, Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA.co.id/ D.A.Pitaloka

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menghadiri panggilan Komisi V DPR RI untuk menjelaskan persiapan operasi angkutan Lebaran tahun 2016. Sejumlah kesiapan disampaikan, mulai dari angkutan darat laut dan udara. 

Arus Balik Gratis Sepeda Motor Semarang-Jakarta, Pelni Wanti-wanti Ini

Jonan memaparkan, untuk jumlah kendaraan roda empat diprediksi akan tumbuh pada angka empat persen dibanding dengan tahun lalu. Jonan khawatir, akan ada peningkatan jumlah pemudik sepeda motor yang diprediksi hingga 50 persen dibanding tahun lalu. 

Untuk itu, pihaknya menyelenggarakan mudik gratis, guna mengangkut sepeda motor dengan truk dan kereta api maupun, disediakan untuk itu 15 ribu kuota. Namun, tampaknya animo masyarakat masih tidak seperti yang diharapkan.

Pj Gubernur Sumsel Sebut Program Mudik Gratis Upaya Cegah Kemacetan

"Tapi animonya masih kurang dari 80 persen, orang tampaknya lebih suka mudik pakai sepeda motor," kata Jonan di ruang rapat komisi V DPR RI, Senin 20 Juni 2016. 

Sementara itu, untuk kesiapan armada, dijelaskan untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) disiapkan sebanyak 46 ribu armada, atau naik 1.600 armada dibanding dengan tahun lalu. Kemudian, untuk kapal penyeberangan, naik sebanyak delapan kapal, lalu untuk kapal laut naik 11 kapal.

Lepas Keberangkatan Mudik Gratis Gunakan Kereta, Pj Gubernur Sumsel Sampaikan Pesan Ini ke Pemudik

"Kalau untuk pesawat udara naik 59 unit. Kereta api lokomotifnya juga bertambah sekitar 30 dan jumlah kereta siap operasi bertambah 60 kereta," kata dia. 

Jonan menyampaikan, pihaknya juga menyiapkan posko angkutan Lebaran untuk moda darat, kereta api, dan udara mulai dari tanggal 24 juni-17 juli. "Kalau laut itu dari 18 juni-17 juli," katanya. 

Untuk diketahui, rapat persiapan mudik Lebaran ini turut dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pengelola Trans Jakarta (BPTJ) Elly Adriani Sinaga, Direktur Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi, hingga Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya