Festival Pesona Palu Nomoni Digelar September Mendatang

Peluncuran Festival Pesona Palu Nomoni 2016
Sumber :
  • Dok. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia

VIVA.co.id –  Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama dengan Walikota Palu, Hidayat dan Wakil Walikota Palu yakni Sigit Purnomo Said, serta Wakil Gubernur sulawesi Tengah, Sudarto resmi meluncurkan Festival Pesona Palu Nomoni. Perhelatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 24 hingga 26 September 2016 mendatang.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Acara yang memiliki tujuan untuk ajang promosi wisata ini akan mengajak ribuan wisatawan menikmati keindahan wisata Sulawesi Tengah. Hal ini juga sebagai upaya mendongkrak wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Tanah Air.

”Jelas tujuan dari acara ini untuk mempromosikan Kota Palu sebagai destinasi unggulan di Sulawesi Tengah, sekaligus sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan yang tahun ini menargetkan 500 ribu wisatawan nusantara (wisnus) dan 25 ribu wisatawan mancanegara (wisman) di Palu," ujar Walikota Palu, Hidayat dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 21 Juni 2016.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

Hidayat menambahkan bahwa sebenarnya kegiatan ini sudah bertahun-tahun diselenggarakan di Palu. Hanya nama yang membuat festival tahun ini sedikit berbeda. Sebelumnya, perhelatan itu dinamakan Festival Teluk Palu.

"Tahun lalu namanya masih Festival Teluk Palu. Lalu kenapa sekarang ada Nomoni, itu artinya adalah ‘berbunyi’. Jadi kalau diartikan, gemakan sedikit Palu maka ini akan berbunyi," katanya.

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

Tidak ketinggalan, Menpar Arief Yahya pun memberi apresiasi pada penyelenggaraan acara tahunan tersebut. Baginya ini merupakan ajang untuk melestarikan potensi wisata dengan keanekaragaman budaya dan kultur adat istiadat yang ada di Palu.  

"Penyelenggaraan festival ini sebagai sarana untuk melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat serta meningkatkan kunjungan wisatawan serta menggerakan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar," ujar Arief dalam sambutan resminya.

Nantinya, festival ini akan menampilkan deretan atraksi menarik, antara lain seni budaya, memasang obor di 520 titik sepanjang 7,2 kilometer, serta permainan suling dengan gendang yang akan berbunyi dengan obor yang menyala serentak saat pembukaan festival.

Festival Pesona Palu Nomoni 2016 sendiri juga akan mengadakan acara marathon yaitu, full marathon berjarak 42,195 kilometer, half marathon sepanjang 21,1 kilometer, serta kelas 10 kilometer dan 5 kilometer. Total hadiahnya sendiri mencapai 400 juta rupiah.

Sementara itu, Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau akrab disapa Pasha Ungu menyatakan komitmennya untuk mempromosikan destinasi pariwisata di daerahnya ke seluruh penjuru dunia.

Ia menyebutkan, potensi wisata di daerahnya luar biasa, seperti, gunung, lembah, pantai dan laut, serta sungai. Seluruhnya pun menyuguhkan sensasi yang berbeda.

”Apabila semua dimensi ini dikelola dengan baik, maka hasilnya akan luar biasa, karena masih asli dan bagai surga di khatulistiwa,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya