Beda Perfilman Indonesia Dulu dan Kini di Mata Roy Marten

Roy Marten
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Aktor kawakan Roy Marten kembali mencicipi berakting di sebuah film layar lebar berjudul Old Friend, yang disutradarai oleh Yoris Rumsayor. Di dalam film tersebut, dia beradu peran dengan para aktor-aktor muda, seperti Derby Romero dan Damita Argobie.

Ahmad Rifai, Pengacara yang Terjun Jadi Produser Film

Dari pengalaman itu, Roy tampaknya benar-benar merasakan perbedaan proses produksi sebuah film di zamannya dengan saat ini. Menurutnya, proses syuting film saat ini lebih praktis dan banyak memberi kemudahan pada aktor.

"Teknologinya beda. Zaman saya dulu dubbing. Saya akting sendiri, nanti dubbing sendiri. Kalau sekarang langsung direct sound. Sekarang jauh lebih praktis, sekarang kita pakai digital, jadi sekarang kita retake 3, 4, 5 kali enggak masalah. Kalau dulu, kita retake dimarahai karena biayanya besar," tutur Roy saat jumpa pers film Old Friend di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis malam, 23 Juni 2016.

Janji Jokowi Selamatkan Industri Film Tanah Air

Dari kacamata ayah kandung Gading Marten, aktor-aktor saat ini terbilang cerdas dan lebih cair terhadap dialog yang mereka pegang ketimbang aktor zaman dulu.

"Anak anak muda sekarang, aktor-aktor muda ini luar biasa, mereka lebih cair dalam dialog. Mereka lebih cerdas dari zaman saya," ujar kakek dari Gempi tersebut.

Insan Film Surati Jokowi

Namun, menurut Roy, masih ada yang perlu dibenahi oleh aktor-aktor masa kini. Salah satunya adalah pendalaman karakter.

"Agak berbeda dan enggak bisa disamakan, jadi aktor sekarang jauh lebih cerdas, jauh lebih cair cuma kalau pendalaman (karakter), aktor zaman dulu lebih kental," kata dia.

Film Old Friend merupakan film Indonesia bergenre thriller, yang rencananya akan siap dirilis pada 11 September 2016 mendatang. Film ini dibintangi oleh Derby Romero, Damita Argobie, Gusti Ega Putrawan dan Adinda Rizkyana.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya