DPR Minta Pemerintah Fokus Atasi Lonjakan Mudik Sepeda Motor

Mantan Wakil Ketua Komisi V DPR, Yudi Widiana Adia.
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi V DPR RI Yudi Widiana menginginkan pemerintah fokus mengatasi lonjakan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor di sepanjang jalan yang dinilai membahayakan bagi pemudik dan anggota keluarganya.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

"Selama ini pengguna sepeda motor di jalan saat mudik cukup mendominasi. Setiap mudik lebaran, sepeda motor terus menjadi alternatif transportasi," kata Yudi Widiana dalam keterangan tertulis, Jumat 24 Juni 2016.

Untuk itu, diharapkan adanya kebijakan guna meminimalkan hal tersebut karena terkait dengan faktor keselamatan selama di perjalanan.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

"Kita juga meminta pemerintah lebih gencar mensosialisasikan kelebihan pengangkutan motor dengan kereta dan truk," ujar Politisi PKS tersebut.

Selain itu, dia juga berharap masyarakat jangan memaksakan diri untuk mudik dengan sepeda motor karena faktor keselamatan jangan sampai diabaikan.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan mengkaji soal pembatasan jumlah sepeda motor mengingat jumlah pemudik dengan sepeda motor terus meningkat, bahkan pada masa angkutan lebaran tahun ini diperkirakan naik 50 persen.

"Setelah Lebaran kita akan tinjau, atau membuat PP kalau memang tidak mau mengubah Undang-Undang LLAJ, karena ini prosesnya tidak bisa sebentar," kata Jonan saat rapat koordinasi dengan Komisi V DPR di Jakarta, Senin 20 Juni 2016.

Menhub mengaku sangat sulit untuk mengendalikan arus pemudik dengan sepeda motor karena menyangkut pemilik sepeda motor yang jumlahnya sangat banyak.  (Webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya