Demi Mudik Aman, Terminal Solo Siapkan 21 Satgas Anticopet

Satgas Anti Copet
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Kota Solo memiliki cara unik untuk membuat penumpang bus merasakan mudik yang nyaman dan aman. Agar mudik bebas copet, pihak terminal di kota Solo telah menyiapkan 21 orang Satuan Tugas (Satgas) Anticopet.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menariknya, Satgas Anticopet ini merupakan petugas Linmas yang biasa bertugas di kelurahan. Mengenakan seragam rompi bertuliskan ‘Satgas Anticopet’, mereka berkeliling di terminal. Selain mengamankan terminal agar bebas dari copet, petugas yang bekerja selama 24 jam ini berkeliling di area dan dengan sigap membantu mengarahkan penumpang ke arah jalur bus yang dikehendaki para pemudik.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Tirtonadi Solo, Eko Agus Susanto, menjelaskan bahwa pihaknya sengaja memberikan petugas Satgas Anticopet yang melakukan patroli di kawasan terminal selama 24 jam. Menurutnya, Satgas Anticopet merupakan jaminan terminal bebas dari aksi pencopetan.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

"Diharapkan dengan keberadaan Satgas Anticopet, maka Terminal Tirtonadi bebas aksi pencopetan. Dan para pemudik bisa aman untuk melanjutkan perjalanannya, " katanya Minggu, 3 Juli 2016.

"Ini cara kita memberikan kenyamanan kepada pemudik dengan mengerahkan Satgas Anticopet. Untuk berjaga selama 24 jam dibagi menjadi tiga shift dan masing-masing shift ada tujuh petugas," ujarnya.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Satgas Anticopet ini tak bisa dilepaskan dengan keberadaan Pos Istirahat Copet. Petugas ini diambil dari Linmas. Dalam tugasnya mereka juga mendapat dukungan dari petugas terminal, polisi dan TNI.

"Cara kerja mereka akan dibagi dalam tiga shift. Masing-masing shift itu diisi oleh tujuh petugas Satgas. Dengan adanya petugas ini kita ingin menekan angka kriminalitas pencopetan di terminal. Semoga di terminal ini zero copet seperti Lebaran tahun lalu, " kata Eko.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi [dok. BKIP Kementerian Perhubungan]

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengeklaim angka kepuasan pemudik Lebaran 2024 mengalami peningkatan berdasarkan hasil survei BPS dan Kemenkominfo.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024