Yuk Liburan ke 10 Destinasi Wisata Unggulan Temanggung

Alun Alun Temanggung
Sumber :

VIVA.co.id – Temanggung adalah kabupaten yang berada di sebelah utara Magelang, jauh sebelum Ambarawa, Jawa Tengah. Posisinya di dataran tinggi dan berada di sini membuat Anda bisa menyaksikan pemandangan empat gunung sekaligus.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Kota penghasil tembako paling terkenal, Srinthil, yang hanya satu-satunya di dunia itu menyuguhkan pemandangan pagi yang indah yakni panorama Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Menurut Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, Temanggung adalah kota yang sejuk, tenang, airnya melimpah, dan suasananya sangat mendukung untuk menjadi destinasi wisata alam. Itulah sebabnya, saat mudik Lebaran, banyak orang dari luar kota Temanggung yang berwisata ke sana.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

“Traveler atau pemudik wajib mendatangi tempat ini. Daerah ini punya tempat wisata alam hingga sejarah yang pantas ditelusuri. Coba saja sambil mudik dan libur Lebaran. Mungkin bukan pendaki, tetapi lebih untuk melihat alam yang indah dengan lekuk-lekuk gunung berapi yang khas,” kata Arief, dalam rilis yang diterima VIVA.co.id dari Kementerian Pariwisata, Senin, 4 Juli 2016.

Nah, berikut ini adalah sepuluh destinasi wisata unggulan di Temanggung yang sudah terkenal di mana-mana.

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

Wisata Alam Jumprit

Berlokasi di Kecamatan Ngadirejo, Wisata Alam Jumprit juga menjadi tempat wisata sejarah. Apabila berkunjung ke tempat ini, maka Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan rimbun dan mata air suci. Air dari mata air tersebut biasa digunakan untuk upacara adat Waisak yang dibawa dari Candi Borobudur ke Candi Mendhut yang ada di Magelang.

Di tempat ini juga banyak terdapat kera yang berkeliaran. Untuk itu, pengunjung diminta selalu menjaga barang bawaan, karena kera di sini terkadang jahil dan gemar mengambil barang milik wisatawan.

Monumen Meteoroit

Tidak hanya Solo yang mempunyai monumen yang beragam, Kabupaten Temanggung juga ternyata memiliki monumen yang jarang dimiliki oleh kabupaten lain yang ada di Indonesia, yaitu Monumen Meteoroit yang berada Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, Temanggung. Menurut cerita yang ada, pada zaman dahulu, lokasi tersebut merupakan tempat jatuhnya sebuah meteor dan dibangunlah monumen oleh pemerintah lokal. Hingga kini, Monumen Meteoroit merupakan salah satu objek wisata sejarah yang ada di Temanggung.

Curug Lawe

Siapa sangka Temanggung juga punya air terjun yang tak kalah indahnya dengan Curug Cigamea, Bogor? Lokasi Curug Lawe berada di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang. Lokasi geografisnya yang berada di kaki Gunung Ungaran membuat suhu udara di air terjun tersebut menjadi sangat sejuk. Apalagi ditambah dengan rimbunnya pohon ala hutan tropis yang tumbuh di sekitar air terjun.

Dinamakan Lawe pun bukan tanpa alasan. Itu karena air yang turun dari atas begitu jernih dan tampak seperti benang putih, maka oleh masyarakat sekitar diberi nama Curug Lawe. ‘Lawe’ merupakan kata dalam Bahasa Jawa yang mempunyai arti ‘benang’ dalam Bahasa Indonesia.

Pikatan Water Park 

Setelah Anda mengetahui Curug Lawe yang menyuguhkan pesona alam yang begitu indah, kini Anda diajak mengenal wisata air buatan yang ada di Temanggung, yaitu Pikatan Water Park yang merupakan wisata air buatan yang menjadi wisata andalan kabupaten ini. Tempat satu ini cocok bagi para wisatawan dari berbagai usia. Di sini Anda akan dimanjakan dengan beragam wahana wisata air, mulai dari kolam bermain untuk anak hingga orang dewasa.

Taman Kartini

Seperti halnya Surabaya yang memiliki banyak taman yang indah, Temanggung juga tak mau kalah. Temanggung juga memilik taman yang indah yang bernama Taman Kartini di Koangan. Lokasi tamannya sangat strategis karena berada di pusat kota Temanggung. Taman ini cocok bagi Anda yang ingin beristirahat setelah lelah mengunjungi beberapa tempat wisata di Temanggung. Di sini juga terdapat ruang dan wahana bermain untuk anak anak.

Wisata Alam Posong

Temanggung juga memiliki destinasi wisata alam mirip Kopeng, Salatiga yang mempunyai pemandangan pegunungan yang eksotik. Salah satunya adalah Posong Temanggung, yang berada di tengah dua Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, tepatnya di daerah perbatasan antara Wonosobo dan Temanggung. Wisata alam Posong menyuguhkan pemandangan khas pegunungan yang begitu indah dan hamparan kebun tembakau yang indah. Tempat ini juga menawarkan panorama Matahari terbenam yang menawan.

Candi Gedong Songo

Jika Yogyakarta mempunyai Candi Prambanan, Temanggung juga mempunyai Candi Gedong Songo bernuansa alam terbuka. Tempat ini menyuguhkan perpaduan antara wisata sejarah sekaligus wisata alam yang begitu indah.

Candi satu ini sangat cocok bagi Anda dan keluarga yang ingin mencari tempat wisata yang murah dan juga tidak mengecewakan. Candi yang terletak di daerah perbatasan antara Semarang dan Temanggung itu juga berada di dataran tinggi, sehingga Anda akan dimanjakan dengan suasana pegunungan.

Padang Sabana Kledung Pas

Tempat wisata alam Temanggung selanjutnya adalah Kledung Pas, tempat yang hampir sama dengan wisata alam Posong. Lokasinya yang berada di tengah-tengah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing membuatnya memiliki panorama pegunungan dan perkebunan ketang, wortel hingga tembakau.

Di Sabana Kledung ini juga banyak terdapat rest area dan hotel. Tidak sedikit bus pariwisata yang transit di area Sabana Kledung ini, karena Kledung merupakan jalur utama penghubung antara Temanggung dan Wonosobo.

Danau Buatan Embung Kledung

Wisata selanjutnya masih seputaran Kledung, yaitu Embung Kledung, danau buatan yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air guna kepentingan pengairan perkebunan yang ada di Kledung dan sekitarnya.

Tidak hanya berfungsi sebagai pengairan, kini Embung Kledung juga bisa digunakan sebagai tempat wisata. Lokasinya berada di kaki Gunung Sindoro dan menyuguhkan pemandangan danau buatan serta gunung yang cantik.

Candi Pringapus

Candi Pringapus menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Temanggung. Candi ini merupakan candi peninggalan umat Hindu. Relief-reliefnya pun hampir sama dengan yang ada di Candi Dieng, Banjarnegara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya