Bom Madinah, Mengusik Ketenangan Umat Beragama

Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Rofi Munawar
Sumber :

VIVA.co.id - Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Republik Indonesia (DPR RI) Rofi Munawar berpendapat bahwa teror bom di Madinah telah mengusik ketenangan umat beragama.

Ledakan bom yang berjarak sekitar 400-500 meter dari Komplek Mesjid Nabawi tersebut semakin menggambarkan bahwa teror tidak lagi mengenal tempat dan waktu, karena dilakukan di salah satu pusat kegiatan ibadah umat Islam dan menjelang Idul Fitri.

"Kekerasan ini telah menyentuh pusat aktivitas agama umat Islam yang sangat sensitif, tentu perlu usaha yang serius dari pemerintah Arab Saudi pada khususnya dan  komunitas internasional pada umumnya untuk mencegah beragam aksi lanjutan yang mungkin terjadi. Karena teror ini sesungguhnya merupakan upaya dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menciptakan ketakutan secara massif dan terencana," ujar Rofi Munawar, di Jakarta, Selasa 5 Juli 2016.

Rofi melihat bahwa kejadian bom di Madinah dan dua tempat lainnya di Arab Saudi sebagai bentuk penyerangan terhadap area vital umat Islam, sebagaimana yang sedang di Palestina dengan beragam teror terhadap keberadaan Mesjid Al Aqsa. Tentu aksi-aksi teror terhadap pusat kegiatan umat Islam ini akan sangat berbahaya dan berdampak buruk.

"Kekerasan melalui teror bom dan aksi penembakan di dunia, semakin massif akhir-akhir ini. Ironisnya kini bukan hanya menyasar objek vital atau fasilitas publik namun juga pusat kegiatan umat agama. Konteks dan motifnya sudah semakin kompleks," ucap Rofi. 
Legilsator asal Jawa Timur ini menjelaskan,  bom bunuh diri Madinah tidak berselang lama dari aksi teror di Bangladesh dan renteten bom di Turki. Jika diperhatikan secara seksama seperti serial yang memiliki keterkaitan satu dengan yang lain. Rofi juga meminta media memberitakan kejadian ini secara proporsional dan berdasarkan nilai-nilai fairness (keadilan).

Sebagai Informasi, sejauh ini Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi telah merilis identitas pelaku bom bunuh diri sebelumnya di Jeddah sebagai Abdullah Kolzar Khan, seorang Warga Negara (WN) Pakistan.  (Webtorial)

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka
Anggota Komisi VII DPR RI Aryo Djojohadikusumo

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Demi mencapai kedaulatan energi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016