Bebas Jerawat dengan Bawang Putih

Ilustrasi memencet jerawat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling ditakuti, terutama kaum wanita. Meski tidak berbahaya tapi jerawat membuat wanita tak percaya diri, dan bukan tidak mungkin menimbulkan depresi. Tak heran, banyak wanita yang melakukan apapun demi mengusir jerawat dari wajah mereka.  

Ini Dia Solusi Hilangkan Jerawat yang Bisa Dilakukan, Mudah dan Praktis

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi timbulnya jerawat. Mulai dari perawatan canggih dengan biaya fantastis hingga perawatan sederhana yang alami, minim efek samping seperti menggunakan bawang putih.

Bawang putih bisa dijadikan bahan alami yang mampu menangkal tumbuhnya jerawat. Menurut dr. Murni Fianty, dokter partner Konsula, kemampuan bawang putih dalam mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat disebabkan karena kehadiran allicin di dalamnya.

7 Tips Pakai Sunscreen yang Tepat, Dijamin Bisa Hempas Komedo

"Bawang putih mengandung beragam zat multifungsi yang berperan sebagai antivirus, antijamur, antioksidan dan antiseptic. Oleh karenanya, bawang putih menjadi salah satu bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat jerawat,” ujar dr. Murni dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 22 Juli 2016.

Keampuhan bawang putih dalam mengobati jerawat telah dibuktikan melalui hasil uji coba. Dari hasil uji itu diketahui bahwa ekstrak bawang putih memiliki daya hambat pertumbuhan bakteri acne penyebab timbulnya jerawat sebesar 55 persen.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Selain itu, lanjut Murni, bawang putih juga mengandung anti mikroba yang luas dan anti karsinogen serta kandungan allicin yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri pembentuk jerawat.

Untuk mendapatkan khasiat bawang putih untuk mengobati jerawat, caranya adalah dengan menghaluskan 350 gram bawang putih kemudian gunakan kain kassa untuk menyaring sarinya. Setelah itu, bubuhkan sari bawang putih pada bagian yang berjerawat. Diamkan sekitar 10 menit. Pengobatan ini akan lebih baik jika dilakukan saat malam hari. Pada pagi harinya, Anda akan mendapati jerawat yang sudah mengecil.

Pengobatan ini akan lebih efektif digunakan saat jerawat Anda masih belum terlalu parah atau baru akan muncul.

"Agar bisa mendapatkan jumlah allicin yang maksimal, secara sederhana dapat dengan menumbuk bawang putih yang berada di dalam plastik. Jadi hasil ekstraknya utuh." 

Proses pengobatan jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami ini tentu membutuhkan masa yang lebih lama jika dibandingkan dengan obat-obat dari kimia. Terlebih jika kondisi jerawat sudah di tahap yang lebih lanjut. 

Akan lebih baik lagi jika Anda juga selalu menjaga kesehatan kulit sehingga jerawat akan berkurang dengan sendirinya.

(mus)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya