Aplikasi Lokal Ini Siap Lawan Apple Music Sampai Spotify

Ilustrasi mendengarkan musik
Sumber :
  • pixabay/Pourquoipas

VIVA.co.id – Sepanjang tahun ini, Indonesia terus diserbu oleh layanan streaming musik dari luar negeri. Terhitung seperti Spotify, hingga Yonder menyerbu Tanah Air, kehadirannya melengkapi pemain lama yang sebelumnya sudah ada yaitu Apple Music, Guvera, dan Joox.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Miris banyaknya layanan streaming asing yang menghiasi industri musik Tanah Air. Menanggapi hal itu, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pun tengah menyiapkan pesaingnya dengan menghadirkan layanan serupa dengan menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

"Kita bersama dengan Telkom akan menghadirkan layanan streaming yang dinamakan dengan Gempita. Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah bisa diperkenalkan," ujar Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Sungkari ditemui di Hotel Indonesia Kempinski, Thamrin, Jakarta, kemarin.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Hari melanjutkan, proses pembahasan streaming lokal ini dengan Telkom masih dalam penjajakan awal, sehingga masih harus dilanjutkan  dengan membicarakannya dengan para label musik lokal.

Selain itu, Hari menjelaskan, mengenai perbedaan dari Gempita dengan layanan musik streaming lainnnya. Dari sisi konsumen, kata dia, tarif per bulannya akan jauh lebih murah, bahkan bisa kurang dari Rp50 ribu.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

"Kemudian dari sisi pelaku musiknya, kita akan memberikan transparansi semua yang diberikan oleh musisi kepada konsumen melalui Gempita. Kalau dari luar (streaming asing) kita enggak tahu, itu trafiknya, sedangkan kalau Gempita kan servernya ada di sini. Jadi, transparansi akan ditunjukkan dalam Gempita yang ingin musisi lokal menikmati hasil benar-benar dari streaming musik yang dibuatnya," tuturnya.

Platform jual mobil online, SEVA

SEVA Hadir di Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi 2024

PT Astra Auto Digital melalui platform SEVA, hadir di acara Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi 2024 yang diadakan pada hari ini, Minggu 28 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024