KPPU Ungkap Penyebab Persaingan Usaha Tak Sehat

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha, M. Syarkawi Rauf.
Sumber :
  • KPPU

VIVA.co.id - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menilai banyak kegiatan persaingan usaha yang tidak sehat adalah akibat dari kebijakan pemerintah yang kurang tepat. Menurut KPPU, pemerintah harus tegas dalam mengatur segala ketentuan untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
"Banyak sekali kasus persaingan yang bersumber dari kebijakan pemerintah yang kurang tepat," kata Ketua KPPU, Syarkawi Rauf, usai diskusi di Menara Kadin, Jakarta, Rabu 27 Juli 2016. 
 
Kiat Jadi Pengusaha Sukses ala Zaskia Adya Mecca
Saat ini, menurut dia, banyak pelaku usaha yang justru tidak sadar dipermainkan dalam menjalankan roda kegiatan bisnisnya. Ada beberapa pelaku kartel yang kerap mengelabui pelaku usaha lainnya. 
 
Bos Sido Muncul: Pintar Bukan Jaminan Bisa Sukses
"Yang kita kaji bersama-sama dengan pemerintah, banyak teman-teman pelaku usaha yang tidak mengetahui (dipermainkan). Ini yang harus dilaporkan kepada KPPU, banyak melanggar aturan main," kata Rauf. 
 
Kebijakan yang kurang tepat adalah seperti pemberian izin proyek dan persyaratan dengan syarat tertentu yang kebanyakan menguntungkan satu pihak saja. 
 
"Seperti persyaratan untuk mendapatkan Mix and Plan untuk pembangunan jalan di daerah. Otomatis dia (pemerintah) selalu memberi dukungan kepada grup itu itu saja," lanjut Rauf.
 
(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya