Kenali Kesehatan Suami Saat Kehamilan Istri

Ilustrasi pria mengasuh anak.
Ilustrasi pria mengasuh anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Saat seorang wanita mengumumkan kehamilannya, secara instan ia akan dikelilingi oleh banyak perhatian, sanjungan, juga saran tentang bagaimana menjalani kehamilan. Bisa dibilang, si calon ibu ini akan menjadi pusat perhatian hingga sepanjang usia kehamilan.

Namun, lain dengan si calon ayah, meskipun banyak perhatian membanjiri istri tercinta, si calon ayah justru luput dari pusat perhatian selama masa kehamilan sang istri. Padahal, ternyata si calon ayah juga berpotensi mengidap sindrom kehamilan, persis seperti yang dirasakan wanita hamil.

Sebuah survei dilakukan untuk meneliti pola perilaku calon ayah. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa si calon ayah akan mengalami masalah psikis dan mental yang memengaruhi kondisi kesehatan mereka selama masa kehamilan sang istri.

Gejala ini dipengaruhi oleh perubahan hormon dalam dirinya, karena rasa was-was dan stres memiliki calon bayi.

Berikut ini beberapa gejala yang dialami calon ayah selama masa kehamilan istri. Seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Perasaan gelisah

Calon ayah biasanya memiliki perasaan gelisah selama masa kehamilan sang istri. Baginya, memiliki bayi artinya soal tanggung jawab dan biaya.

2. Merasa mual

Dipengaruhi rasa gelisah tersebut, calon ayah seringkali merasa mual bahkan muntah, persis seperti ibu hamil.

3. Memengaruhi suasana hati

Rasa takut akan tanggung jawab ketika bayi lahir dapat memengaruhi suasana hati sang ayah. Akibatnya, ayah sering terlihat emosional.

4. Lebih bergairah

Saat sang istri hamil, seringkali suami mengalami peningkatan hasrat seksual. Karena mereka menyadari akan sulit melakukan hubungan intim selama masa kehamilan.

5. Lebih gemuk

Banyak calon ayah yang mengalami peningkatan berat badan ketika istrinya hamil. Hal itu terjadi karena biasanya calon ayah akan berusaha mengikuti pola istri, termasuk dalam urusan makan.

6. Nyeri pada beberapa bagian tubuh

Karena mengikuti pola sang istri, biasanya calon ayah juga merasakan pegal dan nyeri pada punggung, kaki dan pinggul. Sama seperti pasangannya.

7. Kelelahan

Jadi suami siaga tentu tidak mudah. Menjaga dan mengurus istri yang sedang hamil tentu saja membuat si calon ayah merasa kelelahan. Karena itu, perlu waktu bagi ayah untuk istirahat yang cukup selama masa kehamilan istri.