Alasan Pengusaha RI Belum Tertarik Sponsori Rio Haryanto

Pembalap Tim Manor Racing, Rio Haryanto.
Sumber :
  • REUTERS/Brandon Malone

VIVA.co.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengaku dukungan dari kalangan pengusaha berupa sponsorship kepada Pembalap Tim Manor Racing, Rio Haryanto di ajang Formula 1 belum begitu besar.

Rio Haryanto Bersedia Jadi Pembalap Cadangan Manor

Perusahaan yang berminat untuk mensponsori tidak banyak dan, sebab skala perusahaan dalam negeri yang ingin mempromosikan dagangannya ke luar negeri masih minim.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani, saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat 29 Juli 2016. 

Soal Jadi Pembalap Cadangan Manor, Kemenpora: Terserah Rio
Ia mengatakan, sebagai wakil dari atlet Indonesia yang membawa nama Indonesia ke luar negeri, merupakan prestasi yang luar biasa. Dan, ia cukup bangga.
 
Kisah Pahit Rio Haryanto di F1
"Kalau ada perusahaan-perusahaan yang melakukan itu sebagai ajang promosi ke luar negeri itu bisa, Tapi ini memang, bukan sesuatu yang mudah, karena nilainya juga besar," kata Shinta. 
 
Shinta mengatakan, jika ada perusahaan yang tertarik, pasti akan mensponsori Rio, dan tentunya pengusaha akan menimbang untung dan ruginya.
 
"Jadi, yang melakukan sponsor harusnya perusahaan yang mau promosi secara internasional, memanfaatkan promosi secara global," kata dia.
 
Di samping itu, ia mengaku tak masalah jika Rio disponsori oleh sponsor negara lain. Yang penting, kata dia, jalannya masih panjang dan harus tetap berusaha melanjutkan prestasinya. 
 
"Saya rasa enggak masalah, kalau memang Indonesia tidak bisa mendukung. Jadi, intinya dia harus bisa mendapatkan resources (sumber) dari mana saja," tutur dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya