Program Sejuta Rumah Melambat

Pameran Rumah Murah di JCC
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Tax Amnesty Bisa Picu Naiknya Harga Rumah Murah
- Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI), Eddy Hussy, mengungkapkan, realisasi pembangunan satu juta rumah sedikit melambat. Realisasi program sejuta rumah hingga semester I-2016 baru mencapai sekitar 400 ribu unit.

Pemerintah Ungkap Kendala Program Sejuta Rumah

Perlambatan terjadi karena ekonomi memang sedang melambat, sehingga pembiayaan pembangunan terganggu. Namun, REI tetap berupaya untuk menggenjot suplai.
Pemerintah Fokus Bangun Rumah Khusus di Papua


"Target dari REI sedang menggenjot dari segi suplai. (Kendala) bukan dari KPR (kredit pemilikan rumah)-nya. Tentu dari segi modal kerjanya," kata Eddy kepada
VIVA.co.id
, Senin, 1 Agustus 2016.


Dia menjelaskan, pembangunan satu juta rumah menggunakan sistem KPR inden, yang tidak bisa mengeluarkan surat keterangan pendaftaran tanah (SKPT). Untuk itu, KPR mau tidak mau baru dapat diberlakukan setelah pembangunan rumah selesai.


Kondisi ini, kemudian membuat arus kas dari perusahaan-perusahaan menjadi terbatas. "Untuk mendapat kredit konstruksi tidak semudah yang kita bayangkan," ucapnya.


Selain itu, kendala terjadi dari sisi penyediaan lahan. Prosedur yang ditempuh pengembang tidak bisa secepat yang dibayangkan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya